Menuju Lebaran, Trafik Penyeberangan Penumpang dan Logistik Jawa-Sumatera Meningkat

0
128
Menuju Lebaran, Trafik Penyeberangan Penumpang dan Logistik Jawa-Sumatera Meningkat
Menuju Lebaran, Trafik Penyeberangan Penumpang dan Logistik Jawa-Sumatera Meningkat (Dok Foto: ASDP)
Pojok Bisnis

Dekatnya Lebaran Idul Fitri dan libur panjang Paskah memicu peningkatan trafik lalu lintas kendaraan dan penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera, meskipun belum mencapai level yang signifikan.

Berdasarkan data terbaru dari posko ASDP di Cabang Merak pada 31 Maret 2024 pukul 08.00 WIB, sekitar 97.176 penumpang dan 24.184 kendaraan, terutama kendaraan pribadi dan truk, telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera sejak Kamis (28/03).

Peningkatan Trafik Kendaraan Menuju Lebaran

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menjelaskan bahwa peningkatan jumlah kendaraan telah teramati, terutama jenis angkutan truk dan kendaraan pribadi. Lebih dari separuh dari jumlah kendaraan yang melewati lintasan pada libur panjang Paskah adalah kendaraan pribadi, dengan total mencapai 12.512 unit.

“Pelabuhan Merak mulai ramai oleh pemudik karena libur panjang akhir pekan Paskah bertepatan dengan H-10 menjelang Idul Fitri. Data menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah pejalan kaki, mencapai 25% lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Shelvy.

Top Mortar gak takut hujan reels

Menurutnya, kendaraan roda empat mengalami peningkatan paling tinggi, mencapai sekitar 36%, sedangkan kendaraan roda dua naik sebesar 26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Shelvy juga menambahkan bahwa tiket yang sudah dipesan oleh pengguna jasa untuk periode H-1 hingga H+7 Lebaran di berbagai pelabuhan mencapai 17.776 tiket, hanya sekitar 1,05% dari total kuota tiket yang tersedia.

Sementara itu, selama periode Pra-Angkutan Lebaran pada bulan Maret 2024, total tiket yang terjual di empat pelabuhan utama adalah sebanyak 742.070 tiket.

Berdasarkan data reservasi, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 6 April 2024 (H-4), dengan lebih dari 1.922 tiket yang sudah dipesan di Pelabuhan Merak.

Secara keseluruhan, ASDP memproyeksikan peningkatan produksi sebesar 15% untuk penumpang dan 14% untuk kendaraan selama periode Angkutan Lebaran, dengan total produksi di 8 lintasan nasional mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta kendaraan.

Peningkatan Volume Kendaraan Logistik

Tidak hanya kendaraan pribadi, volume kendaraan logistik, terutama truk, juga mengalami peningkatan selama libur panjang Paskah. Sejak Kamis (28/3) hingga H-10 Lebaran pada Minggu (31/3), terdapat 10.666 unit truk yang menyeberang ke Sumatera, meningkat sebesar 22% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Diperkirakan bahwa volume lalu lintas kendaraan logistik akan terus meningkat dalam beberapa hari ke depan hingga H-5 Lebaran, karena adanya pembatasan angkutan truk selama masa arus mudik, yang berlaku dari Jumat, 5 April 2024.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan