Indonesia-MERCOSUR Luncurkan Perundingan Dagang IM-CEPA

(Dok: wikipedia.com)

Brasilia – Menteri Perdagangan Indonesia Muhammad Lutfi bersama para menteri anggota MERCOSUR sepakat untuk meluncurkan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara Indonesia dan MERCOSUR pada Kamis (16/12). Kesepakatan ini dicapai setelah melalui proses pra negosiasi selama kurang lebih dua tahun.

Negara anggota MERCOSUR terdiri atas Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay. Peluncuran Perundingan IM-CEPA dilangsungkan disela-sela pelaksanaan pertemuan MERCOSUR’s Common Market Council (CMC) melalui konferensi video dan disepakati melalui Joint Ministerial Statement for the Launch of Negotiations towards a Comprehensive Economic Partnership Agreement between Indonesia and MERCOSUR.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh para Menteri Luar Negeri negara anggota MERCOSUR, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, IM-CEPA akan menjadi kesempatan bagi Pemerintah kedua pihak dalam mendukung peningkatan hubungan para pelaku bisnis.

“Meskipun di tengah pandemi, kemampuan untuk beradaptasi dan menciptakan terobosan sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi,” ungkap Mendag Lutfi.

Indonesia dan MERCOSUR, lanjut Mendag Lutfi, akan berkolaborasi dalam mengejar kesepakatan perdagangan yang komprehensif. “Melalui CEPA, Indonesia dan blok MERCOSUR dapat menstimulasi pembangunan ekonomi, memperluas rantai nilai, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua pihak,” tandas Mendag Lutfi.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Brasil sekaligus Ketua Pro Tempore MERCOSUR saat ini, Carlos França juga menyampaikan apresiasinya terhadap Mendag Lutfi. Menurutnya, IM-CEPA dapat membuka lapangan pekerjaan dan berbagai peluang ekonomi.

Sebelum peluncuran dilakukan, pada 9 Desember 2021, kedua pihak berhasil menyepakati Scoping Paper on a Possible Comprehensive Economic Partnership Agreement yang akan menjadi pedoman bagi kedua pihak dalam menentukan ruang lingkup perundingan. Sebagai tindak lanjut, putaran perundingan pertama IM-CEPA ditargetkan dapat dilaksanakan pada triwulan I tahun 2022.

MERCOSUR (Mercado Común del Sur/Southern Common Market) merupakan blok perdagangan (common market) di Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay. Argentina dan Brasil merupakan dua mitra dagang utama Indonesia terbesar di Amerika Latin dan Karibia.

Total perdagangan Indonesia-MERCOSUR pada periode Januari—September 2021 tercatat sebesar USD 4,78miliar atau meningkat 12,76persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke MERCOSUR sebesar USD 1,38miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari MERCOSUR sebesar USD 3,39miliar.

Produk ekspor utama Indonesia ke MERCOSUR tahun 2020 antara lain coconut, palm kernel or babassu oil; minyak kelapa sawit; karet alam; serta part of accessories of motor vehicles, and part and accessories of vehicles. Sementara, produk impor utama Indonesia dari MERCOSUR tahun 2020 yaitu oil cake and other solid residues, wheat and meslin, gula tebu atau gula bit (cane or beet sugar), kapas (cotton), dan maize.

Artikel SebelumnyaPos Indonesia Peroleh Tiga Penghargaan BUMN Branding & Marketing Award
Artikel SelanjutnyaPertemuan Parlemen OKI, DPR RI Soroti Ragam Masalah Dunia Islam