Pospay Agen, Jasa Kurir Logistik dan Jasa Keuangan dalam Satu Aplikasi

(Dok: bumn.go.id)

Jakarta – PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN), selaku subsidiary PT Pos Indonesia (Persero) yang fokus dalam diversifikasi bisnis pada layanan jasa keuangan berbasis teknologi, terus melakukan inovasi dan pengembangan fitur pada platform Pospay Agen sebagai penyedia layanan payment point online banking (PPOB) berbasis rekening Giropos.

Platform Pospay Agen dapat diakses secara multiscreen dan multi-devices, yaitu melalui aplikasi mobile, laman website dan perangkat Pospay Agen EDC. “Melalui kelengkapan berbagai fitur transaksi, Pospay Agen dapat mengakomodir kebutuhan pembayaran seperti PLN, PDAM, Pajak, asuransi, e-commerce, dan bayar menggunakan QRIS. Serta layanan keuangan seperti transfer ke akun bank, top-up uang elektronik dan Mini-ATM,” ujar Setyo Budianto, Chief Executive Officer POSFIN, Jumat (26/11)

Inovasi teranyar dari Pospay Agen adalah menghadirkan Pospay Agen KurLog, yaitu fitur jasa kurir dan logistik yang terafiliasi dengan Pos Indonesia sebagai penyedia jasa layanan kurir dan logistik terpercaya dan terlengkap di Indonesia. Seperti diketahui, bisnis layanan jasa kurir dan logistik sangat berkembang dalam beberapa tahun terakhir, terutama pada masa pandemi. Mulai dari masyarakat umum, pelaku usaha UMKM hingga pengusaha retail, telah memanfaatkan layanan jasa kurir dan logistik dalam pengiriman paket dan produk ke berbagai wilayah.

“Pospay Agen KurLog dihadirkan berdampingan dengan layanan jasa keuangan dan pembayaran dalam satu platform, sebagai langkah nyata dalam menciptakan peluang wirausaha baru, serta mengakselerasi pengembangan potensi bisnis UMKM berbasis inovasi teknologi,” imbuh Setyo Budianto.

Lebih lanjut Setyo Budianto menambahkan, bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi mitra Pospay Agen KurLog, harus terlebih dahulu terdaftar sebagai Pospay Agen. Serta bagi masyarakat yang sudah bergabung sebagai Pospay Agen, dan melakukan deposit saldo minimal satu juta rupiah, maka sudah dapat melakukan pendaftaran untuk menjadi mitra Pospay Agen Kurlog.

“Proses pendaftaran mitra Pospay Agen Kurlog, tidak dikenakan biaya atau gratis, maka sangat cocok bagi pelaku usaha UMKM, dan masyarakat yang baru memulai usaha,” tambah Setyo Budianto.

Penggabungan antara layanan jasa keuangan dan jasa kurir logistik dalam satu platform, menurut Faizal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama, PT Pos Indonesia (Persero), merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang pertama kali dilakukan oleh Fintech company seperti POSFIN di Indonesia.

“Kolaborasi ini dihadirkan demi menjawab kebutuhan layanan jasa kurir logistik dan jasa keuangan yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman bagi masyarakat Indonesia di era digital. Karena Pospay Agen adalah yang pertama melakukan kolaborasi ini di Indonesia, maka akan kami sebut sebagai Lo-Fintech, yaitu perpaduan bisnis jasa kurir logistik, dengan bisnis jasa keuangan dalam satu mobile platform,” ungkap Faizal Rochmad Djoemadi.

Faizal Rochmad Djoemadi menambahkan bahwa supply chain efficiency dalam ekosistem bisnis di era digital, merupakan rangkaian yang berkesinambungan antara berbagai bidang bisnis, seperti jasa kurir dan logistik, jasa layanan keuangan dan pembayaran, serta bisnis kuliner, retail dan e-commerce.

Dengan berbasis pada jaringan keagenan yang telah tersebar luas di seluruh wilayah di Indonesia, terutama pada masyarakat yang termasuk ke dalam kategori 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), Pospay Agen merupakan salah satu bentuk nyata atas komitmen POSFIN sebagai perpanjangan tangan pemerintah demi percepatan pencapaian inklusi keuangan, serta pembangunan ekonomi masyarakat di Indonesia.

“Pengembangan jaringan bisnis keagenan yang dilakukan POSFIN akan semakin besar dan meluas melalui Pospay Agen. Tentunya Lo-Fintech akan mampu menciptakan peluang wirausaha baru di masa pandemi, dengan menargetkan peningkatan wirausaha di kalangan pelajar, mahasiswa, pencari kerja, pelaku usaha UMKM, pekerja kerah biru, serta masyarakat yang termasuk ke dalam kategori 3T.” Pungkas Faizal Rochmad Djoemadi.