Tiga UKM Binaan ECP Kementerian Perdagangan Tembus Pasar Ekspor

0
51
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi. (Dok: kemendag.go.id)

Jakarta – Tiga usaha kecil dan menengah (UKM) binaan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui program pendampingan (export coaching program/ECP) berhasil menembus pasar ekspor.

UKM tersebut terdiri dari PT Agro Global Sentosa dari Makassar, PT Mahaquinn Energi Indonesia, dan PT Taiba Cococha Indonesia dari Bogor.

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Heryono Hadi Prasetyo memimpin pelepasan ekspor perdana ketiga perusahaan tersebut secara hybrid.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi mengapresiasi pencapaian tiga peserta ECP 2021 tersebut yang telah menembus pasar internasional. “Meskipun pandemi Covid-19 belum usai, tetapi jumlah pelaku ekspor kita justru kian bertambah. Semoga, kegiatan ini menginspirasi pelaku usaha lain di seluruh Indonesia untuk turut mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Didi, Senin (18/10).

“Pasar tujuan pada pelepasan ekspor hari ini adalah Singapura, Yordania, danArab Saudi. Ketiganyamerupakan pasar bagi produk-produk Indonesia dengan permintaan yang cukup besar.Yordania adalah pasar nontradisional di kawasan Timur Tengah yang terus kita dorong untuk dapat ditingkatkan ekspornya,”jelas Didi.

Dia menegaskan Kemendag terus berupaya mendorong UKM Indonesia untuk dapat tembus ke pasar global sehingga para pelaku usaha perlu memanfaatkan peluang sebaik-baiknya dengan memperhatikan kondisi perekonomian pasar tujuan ekspor.