Penjualan Ritel PTPN Grup Tumbuh di Tengah Pandemi

0
56

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) berhasil membukukan kinerja yang baik di tengah pandemi Covid-19. Perseroan berhasil membukukan penjualan ritel hingga Agustus 2020 melonjak dibandingkan realisasi sepanjang tahun lalu meskipun pandemi sangat memukul industri ritel.

“Penjualan ritel kami secara year to date hingga Agustus 2020 meningkat 23% jika dibandingkan realisasi penjualan 2019 untuk periode yang sama” ujar Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara Dwi Sutoro dalam keterangannya di Jakarta (25/9/2020).

Dwi menyatakan dari sisi produk, kontribusi terbesar penjualan ritel hingga Agustus berasal dari produk minyak goreng, gula dan teh. Di bulan-bulan mendatang, kontribusi gula diprediksi terus meningkat karena sudah memasuki musim giling. Selain itu, produksi minyak goreng juga akan bertambah sejalan dengan penambahan kapasitas packing seiring dengan datangnya mesin baru. “Itu untuk menyasar penjualan minyak goreng segmen low,” ungkap Dwi.

Secara rinci, produk minyak goreng menyumbang sekitar 35% terhadap total penjualan, disusul gula sekitar 33% dan teh sekitar 26%. Sisanya disumbang oleh kopi 4%-an, air minum dalam kemasan 1%-an, coklat 0,02% dan lainnya 0,16%.

Berdasarkan unit usaha, kontribusi penjualan terbesar disumbang PT Industri Nabati Lestari (INL) yang sebesar 35,34%. Kemudian disusul PTPN VIII menyumbang 18,74%, PTPN X 13% dan PTPN II 5,47%. Sisanya disumbang PTPN XII, PTPN VI, PTPN XI, PTPN IV dan PTPN XIV.

“Secara umum tren penjualan naik dari bulan ke bulan. Namun, pada Juni sempat turun, yang kemudian pada Agustus mulai meningkat lagi. Hingga Agustus telah terealisasi 72% darI target periode yang sama. Kami optimis meski di tengah situasi pandemi saat ini kami akan mampu mencapai peningakatan penjualan yang signifikan dibanding tahun lalu,” tambah Dwi.