Akun Media Sosial Keith Gill Aktif Lagi, Saham Meme Meroket

0
382
Akun Media Sosial Keith Gill Aktif Lagi, Saham Meme Meroket
Akun Media Sosial Keith Gill Aktif Lagi, Saham Meme Meroket (Dok Foto: Reuters)
Pojok Bisnis

Pekan lalu, saham-saham “meme” yang terdaftar di bursa saham Amerika Serikat mengalami lonjakan signifikan. Hal ini terjadi setelah akun media sosial Keith Gill yang telah lama tidak aktif, tiba-tiba muncul kembali.

Keith Gill, yang dikenal sebagai “Roaring Kitty” di YouTube dan “DeepF-ingValue” di Reddit, pernah menarik perhatian dunia ke saham GameStop pada tahun 2021, menginspirasi banyak investor amatir untuk membeli saham perusahaan tersebut yang sedang mengalami kesulitan.

Pada Minggu malam waktu setempat, akun X (dahulu Twitter) yang terkait dengan Gill memposting sesuatu untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun, yakni gambar seorang pria yang mencondongkan tubuh ke depan di kursinya.

Meskipun postingan tersebut tidak menyebutkan ticker saham secara langsung, Wall Street Journal melaporkan bahwa setelah postingan itu, saham-saham meme melonjak lebih dari 100%.

PT Mitra Mortar indonesia

Apa Itu Saham Meme?

Saham meme, atau “meme stocks,” adalah saham yang harganya sangat dipengaruhi oleh aktivitas di media sosial. Contohnya adalah saham GameStop (GME) yang naik lebih dari dua kali lipat pada level tertinggi intraday pada hari Senin dan ditutup naik 74%, mencatat kenaikan persentase terbesar dalam satu hari.

Saham ini terus naik pada hari Selasa, meningkat 60%. Secara keseluruhan, nilai pasar perusahaan ini bertambah sekitar US$9,6 miliar dalam dua hari.

Saham rantai bioskop AMC Entertainment (AMC) juga mengalami peningkatan, naik 135% selama periode tersebut. Selain itu, saham BlackBerry (BB) juga naik 20%.

Mengutip Forbes, meme stocks sering kali mendapatkan perhatian dari investor di komunitas online seperti Reddit. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini mengalami kinerja buruk dalam beberapa tahun terakhir dan menarik minat para short-seller, investor yang bertaruh pada penurunan harga saham.

Saham meme juga memiliki daya tarik nostalgia bagi investor Milenial dan Gen Z yang sekarang berusia 20-an dan 30-an, karena merek-merek seperti GameStop, AMC, dan Nokia adalah bagian dari masa kecil mereka.

Perusahaan dari industri mana pun dapat menjadi “meme stocks”, asalkan mereka memiliki pengikut online yang kuat. Selain GameStop, beberapa saham lain yang termasuk dalam kategori ini adalah AMC, BlackBerry, dan Nokia Oyj.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan