Bizhare Bantu Pebisnis Cari Tambahan Modal

0
7

Bizhare merupakan salah satu startup yang bergerak di bidang bisnis equity crowdfunding yang membuka peluang bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan franchise untuk dapat mencari dana dengan menjual sahamnya tanpa perlu melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bizhare membantu pebisnis yang ingin mencari tambahan modal dengan mengumpulkan investor, tanpa harus mencatatkan saham perdana (initial public offering/IPO).

Pebisnis UKM dan waralaba (franchise) tersebut tersebar di Lampung, Surabaya, Bogor, Bekasi, Banten, dan DKI Jakarta. Sebelas di antaranya merupakan bisnis yang baru dibangun, dan satu lagi sudah profit lalu ingin ekspansi.

Bizhare berdiri pada Mei 2018 dan sudah kebanjiran permintaan untuk pendanaan dari ratusan pebisnis. Pebisnis bisa mendaftar melalui situs Bizhare.id dan mengajukan proposal. Nantinya, tim lapangan Bizhare akan melakukan survei dilihat lokasi, model bisnis, hingga profitnya. Tidak semua yang mengajukan proposal akan diterima. Sebab, tiap-tiap franchise memiliki aturan sendiri seperti batasan jarak.

Lokasi menjadi pertimbangan investor untuk memberikan pendanaan. Saat ini, ada 11.924 investor yang mendaftar di Bizhare. Dari jumlah tersebut, sekitar 400 ribu di antaranya sudah berinvestasi. Investor bisa berinvestasi mulai dari Rp 5 juta per lembar saham. Skemanya, pebisnis yang lolos proses seleksi akan dicantumkan proposalnya di situs Bizhare.id berikut dana yang ingin dicapai. Nantinya, investor bisa memelajari proposal masing-masing bisnis untuk kemudian menentukan investasi. Investor akan menerima untung 5%. Pembagian keuntungan ini berbeda-beda, mulai dari satu hingga tiga bulan, tergantung proposal yang diajukan masing-masing pebisnis. Sementara Bizhare akan menetapkan biaya 5% dari total pendanaan di awal.

Apabila bisnis yang didanai bermasalah, Bizhare akan berdiskusi dengan pemilik usaha guna mencari solusi. Namun, bila bisnis tidak bisa diselamatkan, maka Bizhare akan menjual aset yang ada untuk dibagikan ke investor.  Tahun ini, Bizhare menargetkan ada 80 bisnis tambahan yang bisa didanai. Maka, secara total jumlah bisnis yang didanai mencapai 92 pada akhir 2019. Saat ini, bisnis yang didanai mulai dari Indomart, Airy Rooms, Tambak Udang Vaname, hingga Smokey Kebab.