Investree Bersama Pengadaan.com Perluas Akses Permodalan UKM 

0
469
Pojok Bisnis

Pandemi COVID-19 memaksa aktivitas masyarakat menjadi terbatas yang berdampak pada penurunan kegiatan bisnis terutama bagi para pelaku UKM. Namun berdasarkan pengalaman, dipercaya bahwa UKM memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan bangkit di masa-masa sulit seperti saat ini. Bahkan kebangkitan UKM dapat memicu pemulihan perekonomian Indonesia secara menyeluruh dan cepat. Mendukung mereka dari sektor teknologi keuangan, Investree sebagai pionir fintech lending berkolaborasi dengan Pengadaan.com guna melanjutkan komitmennya untuk menyediakan akses permodalan yang lebih layak bagi lebih banyak UKM di Indonesia. Kolaborasi ini diwujudkan dengan meluncurkan fitur ADW SCF (Supply Chain Financing) sebagai solusi permodalan bagi UKM-UKM yang terdaftar di Pengadaan.com.  

Menandai dimulainya kolaborasi strategis, pada hari Rabu, 26 Agustus 2020, Investree dan Pengadaan.com melangsungkan webinar bertajuk “Strategi Menang Tender di Era New Normal” bagi para vendor Pengadaan.com. Dalam webinar ini, Andri Syamoehdi (VP Business Loan Innovation Investree) dan Katri Iskandar (Digital Procurement Creative Leader ADW Consulting) memberikan materi terkait cara dan strategi mendapatkan tender di Pemerintah, BUMN/D, serta industri minyak dan gas bumi (migas) dengan harapan mampu membantu para vendor Pengadaan.com dalam mengembangkan bisnisnya dan memanfaatkan solusi permodalan yang sudah disediakan Investree dan Pengadaan.com.  

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengatakan sudah menjadi komitmen Investree sejak awal untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UKM Indonesia dengan memberikan kemudahan permodalan. “Selain dengan adanya bantuan dari pemerintah untuk memberikan permodalan terhadap UKM, penting bagi kami sebagai platform fintech lending untuk turut mendukung kemudahan UKM dalam mendapatkan permodalan. Sebagai wujud komitmen, kami berkolaborasi dengan Pengadaan.com untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi lebih dari 15 ribu vendor yang tergabung di Pengadaan.com. Kami berharap kolaborasi ini dapat berkontribusi meringankan beban UKM di masa pandemi ini,” jelas Adrian. 

Sebagai informasi, Pengadaan.com adalah platform yang dibangun oleh ADW Consulting (PT Anggada Duta Wisesa), perusahaan konsultan yang berfokus pada pengembangan sistem pengadaan menggunakan manajemen rantai pasokan (supply chain management) yang strategis dan inovatif. Pengadaan.com memungkinkan adanya kolaborasi bagi B2B e-commerce di era procurement 4.0 yang menyediakan pelayanan yang menghubungkan buyer, vendor, dan penyedia keuangan agar saling terhubung dan berkolaborasi secara cerdas dalam platform transformasi digital. Sebagai platform B2B e-commerce di era procurement 4.0, Pengadaan.com memudahkan proses pengadaan, memindahkan prosesnya ke platform digital sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. 

Top Mortar gak takut hujan reels

Katri Iskandar,Digital Procurement Creative Leader ADW Consulting, mengatakan, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Investree karena dengan adanya kerja sama seperti ini dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pihak di ekosistem kami baik bagi mitra pemberi pekerjaan maupun bagi UKM penyedia jasa/barang. Khusus untuk UKM, kami sangat berharap kolaborasi ini dapat membantu mereka untuk bangkit dari kondisi yang sulit karena pandemi COVID-19.” 

Adrian juga menjelaskan bahwa Investree menyalurkan pembiayaan kepada vendor Pengadaan.com melalui produk Invoice Financing dan Pre-Invoice Financing. Bedanya, produk Invoice Financing diajukan berdasarkan tagihan (invoice) atas pekerjaan yang sudah selesai dan sedang menunggu pembayaran oleh Payor. Sedangkan dengan produk Pre-Invoice Financing, para vendor yang sudah mendapatkan pesanan atau Surat Perintah Kerja (SPK) dari Payor dapat pula mengajukan pinjaman. Kedua produk ini dinilai sangat cocok bagi para vendor Pengadaan.com yang membutuhkan modal besar setiap kali menyediakan produk/jasa bagi perusahaan-perusahaan besar dengan waktu pembayaran yang tidak singkat. Para vendor dapat mengajukan pinjaman melalui fitur ADW SCF yang tersedia di platform Pengadaan.com. 

Kemudian sebagai bagian dari kampanye #UKMTangguh, melalui kolaborasi dengan Pengadaan.com, Investree memberikan kesempatan bagi UKM untuk mendapatkan manfaat lebih dengan mulai mengajukan pinjaman di Investree. Khusus bagi vendor Pengadaan.com yang baru pertama kali mengajukan pinjaman dan disetujui bisa mendapatkan cashback hingga Rp 10 juta. Para vendor dapat mengikuti promo tersebut dengan mengakses fitur ADW SCF, mendaftarkan diri, dan mengajukan pinjaman. 

Ditambah lagi, kolaborasi antara Investree dan Pengadaan.com dapat memudahkan UKM dalam mengikuti proses tender pekerjaan dari perusahaan yang menjadi vendor Pengadaan.com. “UKM yang sudah tergabung dalam sistem pengadaan elektronik milik Pengadaan.com dapat mengajukan pinjaman modal ke Investree ketika sudah terpilih sebagai pemenang tender. Dengan terbukanya akses permodalan, tentunya dapat menumbuhkan keyakinan para UKM untuk menjadi peserta lelang sehingga dapat meningkatkan iklim usaha yang lebih berdaya saing dan transparan,” tutup Adrian.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan