Dongkrak Omzet Dengan Database

0
55
omset naik (dok portalinvestasi.com)

 

Dalam berbisnis, tentunya setiap pebisnis ingin bisnisnya tumbuh dan memiliki penjualan yang banyak. Namun kenyataannya, banyak bisnis yang gagal bertumbuh dan gagal mengalami peningkatan khususnya dibidang pemasukkan. Hal diatas bisa disebabkan karena tidak mempunyai database dalam bisnis yang dijalani.

Database bisnis adalah semua hal informasi mengenai pelanggan dan calon pembeli dari produk bisnis kita yang bisa dihubungi kapanpun.

Pertama sebagai sarana mengetahui siapa saja prospek calon pembeli dari produk kita. Sebagai seorang pebisnis, jangan sampai membuang waktu untuk menjual produk ke orang yang salah.

Dengan database yang kita miliki, maka kita akan mengetahui calon pembeli yang mana saja yang termaksud dalam list target untuk ditawarkan produk-produk bisnis kita..

Fungsi yang kedua sebagai sarana komunikasi kepada calon pembeli. Sebelum para calon pembeli memutuskan untuk membeli produk yang kita jual, pastinya harus ada komunikasi ataupun sharing mengenai produk yang kita jual agar calon pembeli semakin tertarik untuk membeli produk kita.

Lalu fungsi yang ketiga adalah sebagai sarana tempat menawarkan produk ke calon pembeli produk kita. Untuk menjual ataupun menawarkan suatu produk memerlukan suatu wadah, maka database bisa menjadi salah satu wadah tersebut.

Pentingnya database dalam berbisnis, membuat entrepreneurID merangkum 3 hal yang bisa dibuat untuk meningkatkan omzet dalam berbisnis. 3 cara mengumpulkan data base bisnis

Pertama, Grup Sharing
Kita bisa membangun dan mengumpulkan database dengan cara membuat sebuah grup sharing.Dengan grup sharing, selain kita mendapatkan database dari calon pembeli, kita juga bisa mendekatkan produk kita kepada orang-orang yang ada digrup.

Contohnya kita menjual skincare, maka kita bisa membuat grup sharing mengenai pentingnya menjaga kulit dan keuntungan-keuntungan yang didapat ketika menjaga kesehatan dari kulit kita.

Kedua, Personal Kontak
Ini merupakan cara sederhana untuk mengumpulkan database yaitu dengan membongkar list kontak yang ada di handphone kita. Kadang banyak orang tidak menyadari bahwa didalam handphone yang mereka miliki, mempunyai ribuan list kontak baik yang dikenal maupun tidak dikenal pasti dari antara mereka merupakan target market dari produk bisnis kita.

Dengan cara ini, kita sudah bisa mendapatkan database calon konsumen yang bisa dijadikan data untuk suatu saat dikelola lagi agar mereka bersedia membeli produk yang kita punya.

Ketiga, Ads
Ads adalah jasa periklanan berbayar yang memberikan pesan secara persuasif kepada masyarakat melalui media massa yang bertujuan untuk menpromosikan produk ataupun jasa yang dijual.

Dengan ads, kita harus mengeluarkan sedikit dana untuk mengiklankan produk sehingga bisa menjangkau calon customer lebih luas lagi dan tertarget sesuai dengan spesifikasi yang akan kita targetkan berdasarkan jenis kelamin, lokasi, umur dan lain sebagainya.

Setelah iklan berjalan, kemungkinan besar akan ada yang menghubungi kita baik melalui kontak sosial media yang kita tampilkan yang nantinya diantara mereka berpotensi besar menjadi pembeli dari produk kita.

Walaupun kadang belum tentu terjadi pembelian, kita bisa mendapatkan database yang lumayan banyak dengan menggunakan ads.

Bisnis bukan hanya tentang penjualan, namun bisnis tentang bagaimana menyelesaikan dan membantu orang lain. Jika bisnis hanya mencari penjualan saja maka belum tentu orang lain mendapatkan manfaat dari bisnis tersebut.

Namun jika bisnis fokus menyelesaikan masalah dari orang lain, maka bisa dipastikan penjualan akan datang dengan sendirinya. Tetap semangat dan jangan lupa menebarkan manfaat sebanyak-banyaknya

 

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.