Strategi Pemasaran Software Edukasi

0
93
Aplikasi-edukasi-anak (dok centerklik.com)

 

Bisnis software edukasi untuk anak-anak Sekolah Dasar untuk bisa belajar komputer masih punya potensi untuk dapat berkembang. Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin belajar komputer secara otodidak.

Sebelum memasarkan produk, pastikan bahwa semua panduan pembelajaran komputer yang Anda produksi sudah cukup interaktif dan mudah untuk digunakan (user friendly).

Gunakan bahasa yang mudah dipahami pengguna. Selain itu, produk Anda juga harus memiliki perbedaan dari produk lain yang sudah ada di pasaran.

Selanjutnya, agar bisnis Anda bisa berkembang, ikuti saran-saran berikut ini:

  1. Tampilan yang Menarik. Disarankan untuk membuat cover produk yang menarik agar orang yang melihat tertarik untuk membeli.
  2. Jual Secara Produk yang Anda tawarkan sangat cocok jika dijual secara online, baik melalui website khusus, Facebook atau media online lainnya. Informasikan kepada calon pembeli tentang tata cara pembelian secara jelas. Buatlah sistem yang mudah dan tidak menyulitkan calon pembeli.
  3. Kerja Sama dengan Pihak Lain. Jalin kerja sama dengan pihak lain yang cocok dengan produk Anda, misalnya: toko buku dan toko komputer. Pada tahap awal, sebaiknya menggunakan sistem konsinyasi agar pihak lain tertarik dan mau untuk kerjasama.
  4. Marketing & Komunikasi. Agar produk bisa dikenal oleh masyarakat luas secara lebih cepat, maka Anda harus membuat komunikasi produk secara jelas. Anda bisa membuat brosur/flyer, banner dan atribut-atribut lainnya. Selain itu, Anda dapat mencoba untuk beriklan di radio/tabloid/koran lokal atau majalah komunitas. Untuk menganalisis tingkat efektivitas komunikasi, Anda harus melakukan survei sederhana dengan cara bertanya kepada semua orang yang datang ‘dari mana mereka tahu produk Anda’.
  5. Pada tahap awal, sebaiknya membuat sebuah program promosi yang ‘lebih menarik dan heboh’ agar orang tertarik untuk membeli. Program promosi yang bisa Anda gunakan yaitu potongan harga jika membeli 2 produk atau bonus 1 produk jika membeli 2 produk. Jangan terlalu sering menggunakan promosi dengan cara memberikan diskon langsung secara berlebihan supaya Anda tidak terjebak dalam perang harga (price war).
  6. Menjalankan Service Excellence. Dalam menawarkan produk, baik kepada pihak lain yang akan Anda ajak kerja sama maupun pembeli langsung – Anda harus menggunakan prinsip-prinsip Service Excellence (pelayanan yang baik) agar semua pihak puas dan tidak kecewa. Latihlah semua karyawan yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan agar dapat berkomunikasi dengan baik dan memiliki produk knowledge yang sempurna. Ingat! Pelayanan yang baik tidak hanya terkait dengan kesopanan dan keramahan tetapi lebih dari itu, yaitu bagaimana Anda dan semua karyawan bisa membantu pelanggan dengan tulus serta bisa memberikan solusi secara tepat dan cepat.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

 

Oleh: Bambang Wahyu Purnomo

Pengamat Wirausaha

Email: [email protected]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.