Strategi Dongkrak Omset Cuci Motor dan Helm

0
3251
Pojok Bisnis

Ā 

Bagaimana cara agar usaha cuci motor dan cuci helm omsetnya naik drastis?. Terkaiy itu berikut strategi yang bias diunakan menyangkut peningkatan jumlah pelanggan. Pertama, harus teliti dulu bisnis yang Anda tawarkan. Dari segi produk dan layanan yang Anda berikan harus bermutu baik.

Syarat utama di sini menyangkut kualitas yang harus terpenuhi yaitu hasil cucian bersih, tidak menimbulkan risiko baret-baret, dan motor setelah dicuci tampak bersih dan mengkilap. Bekas-bekas debu dan kotoran hilang. Kemudian layanan yang diberikan cepat dan ramah, ada ruang tunggu atau tempat duduk selama konsumen menunggu.

Selanjutnya, harga yang dipatok merupakan harga referensi umum yang sesuai dengan kondisi pasar dan nilai yang Anda berikan. Lalu, berada di lokasi yang cukup ramai dilalui sepeda motor. Anda cek kondisi ini. Mestinya harus memenuhi semua itu terlebih dulu.

Top Mortar gak takut hujan reels

Baiklah, kita asumsikan dari segi tawaran bisnis Anda sudah terpenuhi. Sekarang, untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan omset, Anda harus menarik pembeli baru dan mempertahankan pelanggan lama. Langkah kedua, lakukan promosi yang tepat sasaran. Apa yang harus dilakukan? Pastikan Anda pasang spanduk yang mencuri perhatian, warna mencolok mata, misal dasar kuning dengan tawaran menarik. Contoh pesannya ā€¯Cuci Motor Kinclong hanya Rp….ā€¯.

Selain spanduk, Anda bisa bekerja sama dengan toko, supermarket, atau minimarket terdekat. Misalnya dengan menitipkan semacam voucher. Voucher bisa berupa diskon atau dengan tebusan dari si toko jika konsumen berbelanja sejumlah tertentu, konsumen dapat mencucikan motornya secara gratis ke Anda.

Selanjutnya, pihak toko yang akan membayar ke Anda. Lakukan kerja sama dengan toko-toko tertentu misal bengkel motor terdekat, yaitu motor yang habis diservis dan tampak kotor dapat dicucikan ke Anda. Anda juga bisa bekerja sama dengan dealer atau agen yang menjual motor baik baru atau bekas berupa pencucian motor selama kurun waktu tertentu. Lakukan kerja sama dengan dealer, dan pihak dealer motor yang akan membayar ke Anda.

Untuk mempertahankan pelanggan, Anda gunakan taktik untuk membuat pelanggan kembali lagi. Tentu saja, faktor utama pelanggan kembali lagi kalau hasil cucian bagus sesuai harapan konsumen dan dilayani dengan ramah dan cepat. Nah untuk membuat pelanggan tetap kembali, gunakan program loyalitas.

Bentuknya bisa berupa kupon ā€¯Cuci motor sebanyak 5 kali, gratis 1 kali.ā€¯ Jadi setiap pelanggan mencuci motornya Anda beri semacam tempelan atau cap di kupon. Kalau sudah terkumpul lima kali, cuci keenam gratis. Bisa juga buat tawaran jangka panjang.

Misal kalau cuci motor sekali Rp 10.000, maka tawarkan paket cuci motor bulanan dengan harga menarik misal cuci motor langganan hanya Rp 200.000 bisa tiap hari selama sebulan (Anda hitung dulu biaya-biaya sekali cuci, harga di sini hanya contoh).

Sekarang menyangkut omset. Untuk meningkatkan omset, Anda bisa buat semacam paket-paket cuci motor. Misal (1) paket standar, cuci motor dengan shampo Rp 10.000. (2) Paket premium: cuci motor dengan shampo + poles kilap Rp 15.000. (3) Paket total meliputi paket premium + cuci helm dengan harga Rp 20.000. Dengan cara ini pelanggan berpeluang memilih paket yang tertinggi. (Harga-harga di sini hanya sebagai contoh, silakan Anda sesuaikan dengan biaya dan harga pasar yang berlaku di daerah Anda).

Untuk cuci helm, tampaknya pelanggan belum berpikir begitu membutuhkan. Untuk itu Anda perlu lakukan edukasi atau sampaikan penjelasan ke pelanggan perlunya mencuci helm supaya rambut tidak lepek atau helm bebas bau apek. Anda bisa juga buat dalam paket di atas misal paket standar + cuci helm dengan harga Rp 15.000.

Namun kalau Anda mau pelanggan mencoba, Anda bisa berikan promosi khusus selama 1 bulan. Tujuannya supaya pelanggan merasakan lebih dulu pentingnya mencuci helm dan jadi ingin setelah mencoba sekali. Jadi misalnya ā€¯Cuci motor selama April 2013, gratis cuci helm!ā€¯ Begitu bulan promosi habis, bulan berikutnnya pelanggan yang akan mencuci helm baru membayarnya.

Terakhir, kalau dimungkinkan dengan area yang Anda miliki ditambah dengan cuci mobil. Cuci mobil banyak diminati para pengendara mobil. Cuci mobil sangat berprospek. Anda bisa tawarkan cuci mobil salju (snow wash) atau sejenisnya. Harga bisa dipatok Rp20.000-an.

Selain itu omzet juga bisa dinaikkan dengan menambah jasa tambahan seperti menjual teh botol atau mi rebus. Para pelanggan yang menunggu biasanya tertarik mengisi waktu dengan mengisi perutnya dengan makanan atau menghilangkan hausnya dengan minuman. Selamat mencoba solusi di atas. Maju terus dan bertambah banyak pelanggan dan omsetnya!

 

Oleh: Istijanto Oei,

Pelatih dan Konsultan Bisnis Prasetiya Mulya,

Penulis Buku: ā€¯Jurus-jurus Sakti Wirausahaā€¯

dan ā€¯Rahasia Sukses Toko Tionghoaā€¯

www.istijanto.com

 

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.