5 Cara Mendapatkan Calon Pembeli

0
210
Menarik pelanggan (dok blog.xendit.co)

 

Pernah mengalami kesulitan dalam mendapatkan calon pembeli ?
Atau kondisi bisnis tidak stabil akibat susahnya mendapatan calon pembeli?. Calon pembeli sangatlah penting karena mereka merupakan kumpulan orang-orang yang akan melakukan tranksaksi ke bisnis. Bayangkan ketika calon pembeli pada produk kita tidak ada, akan mengakibatkan perputaran keuangan yang menjadi darah di tubuh bisnis kita akan terganggu.

Jika calon pembeli dari produk bisnis kita sudah dapatkan, maka hampir sebagian besar PR di bisnis kita akan terselesaikan. Untuk itulah entreprenurID kali ini akan sharing mengenai 5 cara mendapatkan calon pembeli untuk produk bisnis kita.

Yang Pertama, Sosial Media Marketing
Dengan sosial media dapat memudahkan perkenalkan produk kita karena hampir semua orang memiliki sosial media untuk berinteraksi. Dengan sosial media, kita dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, seperti komunitas yang sesuai untuk memasarkan produk kita, sehingga apa yang ditawarkan memiliki peluang besar untuk terjual. Contohnya jika kita ingin menawarkan produk kepada para anak muda, kita bisa menggunakan sosial media seperti instagram.

Yang Kedua, Iklan Dengan Ads
Saat membuka sosial media, kita akan menjumpai iklan-iklan berbayar. Cara ini disebut Ads atau beriklan di sosial media seperti facebook dan instagram. Keuntungan dengan Ads adalah dapat mengatur target pasar yang ingin kita tuju, menghasilkan traffic yang cepat dan mendapatkan pengunjung sesuai dengan target bisnis yang kita mau

Ads memberikan pilihan untuk menargetkan calon pembeli dari produk kita, bisa berdasarkan keyword, topik, lokasi hingga waktu. Selain itu kamu juga bisa menentukan biaya pemasaran sesuai dengan budget yang kamu punya. Contoh Ads seperti facebook ads, instagram ads sampai dengan google ads.

Yang Ketiga, Kerja Sama Dengan Public Figure
Salah satu cara memperkenalkan produk adalah dengan bekerja sama dengan public figure atau orang yang mempunyai pengikut yang banyak di sosial media. kita bisa membayar jasa mereka untuk posting review produk kita atau pun mengendorse produk kita di sosial media mereka.

Dengan menggunakan public figure yang sudah mempunyai pengikut yang sangat banyak maka kemungkinan produk kita dapat dikenal dengan sangat luas dan cepat.

Yang Keempat, Referral
Program referral adalah salah satu jenis pemasaran yang dilakukan oleh para pebisnis dengan cara memanfaatkan pelanggan sebagai penyebar pesan promosi mengenai produk bisnis kita. Cara ini tentu saja dianggap lebih minim biaya sebab kita tidak perlu menggelontorkan dana lebih untuk biaya iklan.

Caranya dengan meminta pelanggan lama mengenalkan produk kita ke pelanggan baru. Dan pelanggan lama yang berhasil memperkenalkan pelanggan baru akan mendapatkan imbalan berupa sesuatu yang bermanfaat ataupun tambahan produ pelengkap bisnis kita.

Keuntungan dari sistem ini berbeda dari yang lain yang umumnya memakan banyak biaya, jadi kita hanya memberikan tambahan produk maupun sesuatu yang bermanfaat kepada pelanggan lama yang berhasil memperkenalkan produk kita.

Yang Kelima, SEO
SEO ( Search Engine Optimazation ) yaitu adalah strategi meningkatkan jumlah dan kualitas pengunjung ke situs web. Caranya ialah dengan meningkatkan peringkat dalam hasil mesin pencariDengan menggunakan SEO produk kita akan lebih dikenal karena SEO membuat produk kita berada di peringkat atas dari pencarian di website.

Jika memiliki tingkat kehadiran atau visibilitas SEO yang kuat maka produk kita akan mendapatkan lebih banyak rujukan pencarian dari mesin pencari.

Keuntungan dengan teknik SEO ini adalah gratis, jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang yang besar untuk menggunakan SEO ini.

Keuntungan lainnya adalah lebih tetarget. Dengan bantuan kata kunci yang ada di SEO maka pengunjung yang datang sudah tertarget. Dan kemungkinan besar pengunjung tersebut bisa dikonversi menjadi pelanggan

Oleh: Tim entrepreneurID

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.