Jelang Ramadan, Matahari Pastikan Tak Akan Kelebihan Maupun Kekurangan Stok

0
470

Berempat.com – Menjelang Ramadan, biasanya perusahaan retail akan mempersiapkan peningkatan stok untuk bisa memenuhi tingginya permintaan pasar. Karena saat momen puasa dan Lebaran merupakan high season bagi banyak pemain retail, terutama di bidang fesyen.

Menyadari hal itu, PT Matahari Depatment Store Tbk. mengklaim telah siap menyambut bulan puasa dan Lebaran. Persiapan itu dilakukan dengan memastikan ketersediaan stok dan inovasi produk agar dapat menggenjot penjualan selama Ramadan.

CFO PT Matahari Department Store Tbk. Clarissa Joesoep tak menampik bahwa momen Lebaran memiliki kontribusi besar pada pertumbuhan pendapatan setiap tahun. Karena itulah Matahari Department Store memutuskan untuk menambah stok.

“Kami persiapkan barang itu benar, sejak akhir Maret sudah mulai build up merchandise di gerai-gerai kami,” terangnya di Jakarta, Jumat (26/4).

“Kami manage secara bertahap kenaikannya sudah dari Maret dan akan build up sampai Mei mendatang. Ini untuk memastikan kami tidak akan over stock atau under stock, kami punya sistem planning dan alokasi,” tambahnya.

Namun, Clarissa menerangkan bahwa tak semua gerai akan mendapatkan penambahan stok. Karena besar kecilnya jumlah stok yang akan ditambah tergantung pada catatan pendapatan masing-masing gerai selama ini. Karena ada beberapa gerai yang mengalami peningkatan signifikan saat momen Lebaran, tapi ada juga yang tak mendapatkan peningkatan berarti.

Menurut penuturan Clarissa, kontribusi penjualan selama puasa dan Lebaran bisa mencapai 30% terhadap total penjualan. Namun, Clarissa tak menyebutkan peningkatan secara pasti penjualan yang didapatkan perusahaan saat momen tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.