Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha di Surabaya Tembus Pasar Ekspor

0
173

Berempat.com – Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha di Surabaya dengan tema “Your Success in International Market Through Digital Way”, Kamis (24/1) lalu.

Pada acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut, Jet Commerce memberitahu bagaimana caranya melakukan penjualan ekspor kepada para pelaku usaha dengan menyentuh teknologi digital.

“Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan pelabuhan Tanjung Perak merupakan pintu gerbang perdagangan untuk ekspor-impor maupun untuk lokal,” ujar Head of Busines Consultant Jet Commerce Richard Wilianto dalam keterangan resminya, Senin (28/1).

Richard pun mengatakan bahwa pihaknya menilai Surabaya memiliki potensi ekspor yang sangat menjanjikan. Dan hal tersebut harus diimbangi dengan adanya akses ke kumpulan pembeli potensial dari seluruh dunia.

Jet Commerce menyediakan program keanggotaan Global Gold Supplier (GGS) di Alibaba.com yang terdiri dari paket basic, standard, dan premium yang dapat disesuaikan dengan ukuran, industri, produk, dan kategori usaha. Anggota GGS akan mendapatkan pelayanan eksklusif yaitu bantuan konsultasi bisnis dari ahli, akses pada permintaan pembeli, dan tampil sebagai prioritas urutan lebih tinggi dibandingkan sebagai anggota gratis (IFM) di laman pertama Alibaba.com saat pembeli memasukkan kata kunci.

Perdagangan internasional diwujudkan atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan. Pada umumnya pembeli akan mencari tahu siapa pemasok terbaik, membuat daftar, mengevaluasi minisite pemasok, memeriksa masukan sebelum melakukan pembelian, membandingkan harga, pengiriman, dan lain sebagainya.

Berlandaskan hal itu, Jet Commerce juga menyelenggarakan sesi lokakarya di hari kedua bagi para pelaku usaha yang sudah menjadi anggota Alibaba.com untuk secara komprehensif membantu mereka memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di Alibaba.com. Tak hanya itu saja, dalam lokakarya tersebut turut dibahas bagaimana mereka dapat meningkatkan eksposur produk, menemukan pembeli potensial, serta prosedur shipping.

Turut tampil sebagai pembicara adalah Chief Marketing Officer CV. Sinar Gemini, Jonathan Wandy. Sebagai pemasok batu alam yang telah berhasil memperluas pasar ekspor lewat Alibaba.com, Jonathan mengungkap sekitar 60% pihaknya mengekspor material tersebut dan 40% untuk pasar dalam negeri. Negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain Australia, Singapura, Malaysia, Tiongkok, India, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

“Bahkan dapat saya katakan hampir 90% material kami dipasok ke luar negeri lantaran pembeli kami yang di dalam negeri juga melakukan ekspor,” ujar pria lulusan HULT International Business School itu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa banyak aspek yang harus diperhatikan dalam membangun trust atau kepercayaan calon pembeli. Beberapa di antaranya adalah tampilan minisite, foto dan deskripsi produk, serta customer service.

Berkenaan dengan hal tersebut, Jet Commerce merupakan satu-satunya authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia yang memperoleh lisensi dari Alibaba.com untuk memberikan value-added service (VAS) kepada pemasok berupa layanan product posting dan minisite design.

Layanan product posting dihadirkan untuk mengoptimasi akun pemasok agar produk tampil teratas saat pencarian di Alibaba.com. Sementara untuk minisite design, Jet Commerce memberikan konsultasi mulai dari tahap awal pencarian ide, hasil akhir, hingga pemeliharaan minisite. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas pemasok melalui tampilan minisite yang menarik dan profesional.

Agar berhasil dalam menembus pasar internasional, diperlukan strategi menciptakan brand image yang terpercaya dan menjadi daya tarik pembeli potensial. Oleh karena itu, Jet Commerce terus berkomitmen melakukan persiapan dan pelatihan kepada pelaku usaha, termasuk UKM agar dapat menjadi pemain ulung dalam pasar internasional dan memberikan pengalaman berniaga yang mudah, aman, dan cepat kepada pembeli dari seluruh dunia. Lokakarya ini secara bertahap akan merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.