ClassPass Akuisisi Kompetitor untuk Perluas Pasar

0
63
ClassPass. (IST)

Berempat.com – Salah satu perusahaan rintisan langganan kebugaran di New York, ClassPass dikabarkan telah mengakuisisi kompetitornya sendiri untuk memperluas pasar. Perusahaan yang diakuisisinya yaitu GuavaPass.

GuavaPass sendiri merupakan perusahaan agregator kebugaran yang berbasis di Singapura dan memiliki cakupan operasi di kawasan Asia dan Timur Tengah. Inilah alasan ClassPass mengakuisisi kompetitornya tersebut. Sebab ClassPass ingin merambah pangsa pasar di kawasan Asia.

Melansir dari Entrepreneur.com, Selasa (8/1), dengan akuisisi tersebut maka ClassPass pun otomatis telah mengambil alih operasi kompetitornya tersebut di 11 kota di Asia dan Timur Tengah, seperti Hong Kong, Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Singapura, Mumbai, Shanghai, Bangkok, Abu Dhabi, hingga Dubai.

Dengan akuisisi ini, dua pendiri GuavaPass, Jeffrey Liu dan Rob Pachter pun akan bergabung dengan tim ClassPass.

Proses akuisisi ini pun ditargetkan rampung pada Januari 2019. Setelahnya, GuavaPass akan berhenti beroperasi di wilayah operasional ClassPass. Sementara di kawasan operasional GuavaPass, merek itu akan terus beroperasi di bawah payung ClassPass.

“Kami sangat senang mendapatkan aset GuavaPass dan memilih bakat dan terus membangun keanggotaan kebugaran terbesar untuk pelanggan kami, dan jaringan global terbesar untuk mitra kami. Transaksi ini hanya akan mempercepat lintasan pertumbuhan yang kuat karena kami terus melakukan ekspansi ke seluruh Asia dan Timur Tengah,” ungkap CEO ClassPass Fritz Lanman.

Lanman pun mengungkapkan bahwa akuisisi ini dilakukan karena GuavaPass punya misi yang sama dengan ClassPass. “Kami berharap dapat menyambut mereka ke ClassPass saat kami melanjutkan ekspansi global,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pendiri GuavaPass Jeffrey Liu mengungkapkan kebanggaannya karena pemimpin industri ClassPass telah mengakuisisi perusahaannya.

“Adalah bukti nyata dari apa yang telah kami bangun di Asia dan Timur Tengah. Ketika salah satu pendiri saya, Rob Pachter, dan saya memulai perusahaan ini 3 tahun yang lalu, misi kami adalah untuk menyediakan akses mudah ke pengalaman kebugaran terbaik. Bakat dan teknologi ClassPass yang tak tertandingi berarti bahwa, bersama-sama, kita dapat mengambil misi bersama kita lebih jauh,” ujar Jeffrey.

Dengan akuisisi ini, ClassPass berencana untuk melanjutkan ekspansi dengan meluncurkan setidaknya 50 pasar baru pada 2019.

Menulis adalah upaya menjaga nalar agar tetap hidup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here