Fitur Baru Traveloka Ini Bisa Beri Notifikasi Kursi Kosong di Kereta Lho

0
300
Karyawan beraktivitas di kantor Traveloka, di Jakarta. (REUTERS/Beawiharta)

Berempat.com – Menjelang libur panjang di akhir tahun 2018, Traveloka menghadirkan beragam fitur terbaru untuk memudahkan para penggunanya. Di sepanjang tahun ini, Traveloka telah menghadirkan 6 fitur terbaru. Namun, platform ticket & travel ini paling menyoroti pada 3 fitur paling baru, yakni Train Seat Alert, Status Penerbangan, dan PayLater.

Vice President of Marketing Traveloka Kurnia Rosyada menjelaskan lebih lanjut mengenai ketiga fitur baru tersebut. Pertama yaitu fitur Status Penerbangan yang mempermudah pengguna dalam memantau jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat. Dengan fitur baru ini, pengguna dapat mengecek langsung status penerbangan secara real time.

Dalam aplikasi, fitur tersebut dapat ditemukan di bawah deretan aplikasi. Pengguna cukup memasukkan jadwal rute penerbangan yang ingin diketahui.

Kemudian untuk fitur kedua yaitu Notifikasi Kursi Kosong atau Train Seat Alert. Fitur ini berguna untuk memberitahu apabila ada penumpang yang tiba-tiba mengubah jadwal atau membatalkan keberangkatan. Dengan begitu pengguna Traveloka lainnya bisa langsung mengisi kursi kosong tersebut.

"Misalnya ada penumpang yang membatalkan keberangkatan, pengguna akan langsung diberi notifikasi bahwa ada kursi yang tersedia",  jelas Kurnia kepada wartawan di Jakarta, Selasa (18/12).

Untuk bisa mengaktifkan pemberitahuan ini, pengguna cukup membuka menu ‘Train’ atau kereta api, lalu klik ikon lonceng di pojok kanan atas, tambahkan rute perjalanan yang diinginkan untuk kemudian mendapatkan notifikasi apabila ada kursi kosong yang semula penuh.

“Kalau ada notifikasi pembatalan sesuai rute yang diatur, pengguna bisa segera membeli tiket dari pembatalan tersebut,” imbuh Kurnia. Namun, kursi tersebut hanya bisa diklaim maksimal H-1 keberangkatan.

Fitur canggih yang tak kalah keren berikutnya adalah PayLater. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyicil dana liburan dengan melakukan pinjaman untuk memesan tiket perjalanan, hotel, atau transaksi lainnya di Traveloka.

Fitur ini sejatinya merupakan kolaborasi antara Traveloka dengan Danamas selaku penyalur dana pinjaman.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, minimal transaksi yang berlaku sebesar Rp 50 ribu untuk pembelian tiket. Namun, sebelumnya pengguna eprlu mengisi data diri dan mengunggah beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, dan slip gaji untuk permohonan. Proses pengajuan diperkirakan sekitar satu jam. Adapun jumlah yang bisa dipinjam oleh pengguna antara Rp 2-10 juta dengan pilihan tenor angsuran mulai dari sebulan, tiga bulan, hingga 12 bulan.

Mekanisme cicilan tidak dilakukan dengan kartu kredit, melainkan transfer bank biasa. Jika angsuran dilakukan 1-3 bulan pertama,  pengguna tidak akan dikenakan bunga.

"Untuk PayLater kontribusinya masih terus tumbuh, masih banyak peluang untuk tumbuh. Kami terus berinovasi juga untuk mempermudah layanan PayLater tersebut", jelas Kurnia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.