Bahana Artha Ventura Incar Salurkan Dana Rp 100 M kepada UKM Tahun Depan

0
611
Pojok Bisnis

Berempat.com – PT Bahana Artha Ventura (BAV) targetkan dapat menyalurkan dana program kemitraan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebesar Rp 100 miliar tahun depan. Selama 10 tahun terakhir, BAV telah menyalurkan dana kepada UKM rata-rata naik sekitar 44% dan total plafonnya yang telah mencapai Rp 424 miliar. Tahun ini, nilai yang telah disalurkan diperkirakan mencapai Rp 65 miliar.

BAV pun berkomitmen akan terus meningkatkan akses pinjaman pada pelaku UKM. Salah satu upaya yang dilakukan BAV ialah memperluas jaringan kepada sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bisa mendapatkan dana program kemitraan bina lingkungan, yang selanjutnya disalurkan kepada pelaku usaha.

Adapun target penyaluran Rp 100 miliar di tahun depan diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas UKM yang memiliki prospek bisnis cukup besar. Perseroan mengungkapkan bantuan yang diberikan tak terbatas dalam hal permodalan tapi juga pendampingan.

Direktur Utama BAV Muhamad Sidik Heruwibowo mengatakan banyak UKM yang potensial di daerah tapi tidak bankable.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Melalui bantuan permodalan yang diberikan dengan bunga rendah ini, kami ingin meningkatkan daya saing pelaku UKM yang menjadi nasabah kami dan kami pun akan membantu membuka penetrasi pasar bagi produk-produk yang mereka hasilkan,” ungkap Sidik dalam keterangan resmi, Rabu (12/12).

Di era industri 4.0 saat ini, Sidik menyebut pihaknya bakal membantu meningkatkan penetrasi pasar bagi UKM binaan dengan memanfaatkan sistem digital. Dengan demikian, produk yang dihasilkan dapat dipasarkan ke seluruh Indonesia dan ke luar negeri.

Saat ini, Sidik mengaku bahwa BAV telah menggandeng Bukalapak dan ke depannya akan menjalin kerja sama dengan e-commerce lainnya.

Adapun pendampingan yang diberikan mencakup lokakarya bagi mitra binaan untuk bisa mengakses internet dan memasarkan produknya melalui e-commerce atau media sosial serta teknis pengemasan dan pemotretan produk.

Adapun beberapa perusahaan yang telah bekerja sama dengan BAV yaitu PT Angkasa Pura II (Persero), Perusahaan Pengelola Aset, Airnav Indonesia, Peruri, Indonesia Natour, Perumnas, PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Indonesia Rei dan ASDP Indonesia Ferry, Jamsostek, LPEI, PT Sarana MultiGriya Finansial (Persero), dan lainnya untuk menyalurkan dana program kemitraan ke sekitar 27 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) di seluruh Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.