HAMA Asia Pasifik Prediksi Gold Rush Akan Berpengaruh ke Industri Perhotelan

0
378
Pertemuan Hospitality Asset Managers Association (HAMA) Asia Pasifik. (Dok. HAMA)

Berempat.com – Hospitality Asset Managers Association (HAMA) Asia Pasifik Memprediksi Investasi Properti investasi “gold rush” di kawasan Asia Pasifik akan memengaruhi para pemilik hotel untuk memosisikan ulang dan menginvestasikan kembali properti yang berkinerja buruk. HAMA secara global termasuk anggota yang bertanggung jawab untuk sekitar 6.700 hotel dengan 1,4 juta kamar di dunia.

Pada Pertemuan Global Leader HAMA tahun 2018 yang berlangsung di Hong Kong pada tanggal 17 Oktober, para delegasi mendengar bahwa gelombang investasi potensial ini didorong oleh serangkaian tantangan yang kini dihadapi banyak pemilik hotel di Asia Pasifik.

Tantangan yang paling utama adalah tingkat melonjaknya persediaan kamar hotel yang sekarang disuntikkan ke wilayah tersebut. STR baru-baru ini mengungkapkan bahwa sekarang ada lebih dari 370.000 kamar baru yang sedang dibangun di Asia Pasifik, dan lebih dari 350.000 dalam tahap perencanaan. Fenomena ini pun memberi dampak besar pada hotel-hotel yang ada untuk mempertahankan tingkat hunian dan hunian. Selain itu, perkembangan yang kurang dipahami, lokasi yang menantang dan tren pasar yang berubah menyebabkan ratusan hotel di Asia berkinerja buruk.

Tetapi dari ancaman ini HAMA melihat adanya peluang yang meningkat. Menurut HAMA, pemilik hotel dapat berhasil jika mereka mengambil tindakan yang menentukan, seperti menginvestasikan kembali dalam proyek mereka sendiri, memposisikan ulang untuk pasar yang berubah, atau bahkan mengubah aset mereka ke penggunaan lain.

Selain itu pun akan ada peluang untuk membeli dan mengubah posisi hotel yang berkinerja buruk. Jika digabungkan, faktor-faktor ini dapat menyebabkan doronga potensial dari reinvestasi regional.

Mengingat tren ini, tidak mengherankan bahwa semakin banyak pemilik hotel di Asia Pasifik yang beralih dari manajer aset profesional ke pelayanan, atau membawa para ahli in-house. Direktur Pelaksana Pariwisata Solusi Internasional (TSI) dan Presiden HAMA Asia Pasifik Eric Levy mengungkapkan peningkatan tajam dalam portofolio anggota regional HAMA.

“Organisasi kami di Asia telah berkembang dari tidak kurang dari satu dekade yang lalu untuk menjadi pemain yang kuat di dalam industri secara regional. Properti di bawah bimbingan anggota HAMA telah berkembang secara regional sekitar 100 persen dalam total kamar selama tiga tahun terakhir,” ujar Levy.

Principal at Perceptions Hospitality dan anggota dewan HAMA Asia Pasifik Douglas Louden menambahkan, evolusi manajemen aset di pasar saat ini mirip dengan apa yang terjadi pada akhir 1980-an, ketika pemilik menjadi sadar akan nilai konsultan pengembangan perhotelan dan mulai untuk menggunakan layanan mereka.

“Pemilik dan pemberi pinjaman yang penting dengan cepat memahami nilai dari manajer aset yang berdedikasi, dan [semakin] mengadopsi atau menuntut mereka,” tutur Louden.

HAMA kini memiliki lebih dari 140 anggota di Asia Pasifik, termasuk manajer aset pihak ketiga dan tim manajemen aset di hotel pemilik hotel. Keanggotaan dibagi sekitar 50/50 di antara kategori-kategori yang berbeda ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.