Top Mortar Gak Takut Hujan
Home Bisnis TikTok Sedang Menguji Fitur Video 60 Menit, Mau Saingi YouTube?

TikTok Sedang Menguji Fitur Video 60 Menit, Mau Saingi YouTube?

0
TikTok Sedang Menguji Fitur Video 60 Menit, Mau Saingi YouTube? (Dok Foto: Forbes)

TikTok sedang menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunggah video dengan durasi hingga 60 menit. Namun, TikTok belum berencana untuk meluncurkan fitur ini secara luas.

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matta Navara, menunjukkan perubahan signifikan dari format video pendek 15 detik yang menjadi ciri khas TikTok, menjadi lebih mirip dengan platform YouTube milik Google.

TikTok dapat Masukan dari Konten Kreatornya!

Menurut laporan Tech Crunch, Senin (27/5), TikTok mengambil keputusan ini setelah menerima masukan dari para kreator yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk berbagai konten seperti demo memasak, tutorial kecantikan, rencana pelajaran edukasi, dan sketsa komedi.

TikTok menyatakan bahwa penambahan durasi video ini bertujuan untuk memberikan fleksibilitas lebih kepada kreator dalam bereksperimen dengan jenis konten baru atau konten yang lebih mendalam.

Langkah ini diperkirakan akan meningkatkan persaingan langsung TikTok dengan YouTube. Dengan memberikan opsi video berdurasi 60 menit, TikTok berharap kreator yang biasanya mengunggah konten mereka di YouTube juga akan tertarik untuk memposting video di TikTok.

Durasi Panjang ini Memungkinkan TikTok akan Menghadirkan Konten Baru

Penambahan durasi unggah ini juga memungkinkan adanya jenis konten baru di TikTok, seperti episode lengkap acara TV. Sebelumnya, Peacock membuat episode pertama “Killing It” tersedia di TikTok dalam lima bagian. Dengan fitur baru ini, stasiun TV dapat mengunggah episode lengkap tanpa perlu membaginya menjadi beberapa bagian.

Beberapa stasiun TV sudah memanfaatkan TikTok untuk menjangkau audiens baru dan dengan durasi unggah yang diperpanjang ini, mereka dapat lebih banyak berbagi konten di platform tersebut.

Meskipun tidak semua pengguna mungkin tertarik menonton konten panjang di TikTok, perusahaan ini berupaya meningkatkan pengalaman menonton bagi mereka yang menyukai konten berdurasi panjang. TikTok telah menguji mode layar penuh horizontal dan meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna mempercepat video dengan menahan sisi kanan video.

Seperti halnya fitur uji coba lainnya, belum ada informasi pasti kapan atau apakah TikTok akan meluncurkan fitur unggahan video berdurasi 60 menit ini secara luas.

Exit mobile version