Komitmen Ramah Lingkungan, Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia

0
133
Komitmen Ramah Lingkungan, Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia
Komitmen Ramah Lingkungan, Yadea Bangun Pabrik Motor Listrik di Indonesia (Dok Foto: GridOto)
Pojok Bisnis

PT Yadea Teknologi Indonesia telah memulai pembangunan pabrik motor listrik baru di atas lahan seluas 27 hektare di Kawasan Industri Suryacipta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Upacara peletakan batu pertama berlangsung pada Senin (13/5) di Suryacipta City of Industry.

Vice President Sales dan Marketing PT Suryacipta Swadaya, Abednego Purnomo, mengungkapkan bahwa pendirian pabrik ini menandai komitmen kuat Yadea untuk memperluas jangkauan di pasar Indonesia serta menyediakan solusi mobilitas ramah lingkungan yang inovatif bagi masyarakat Indonesia.

Pabrik di Karawang ini akan menjadi pabrik kedelapan Yadea secara global dan pabrik terbesar di Asia Tenggara. Tempat produksi tersebut direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2026 dengan kapasitas produksi tahunan mencapai tiga juta unit kendaraan listrik.

Pabrik Yadea di Indonesia akan Melayani Kebutuhan Ekspor Kendaraan Listrik untuk Pasar Asean

Tempat produksi ini akan melayani kebutuhan pasar domestik Indonesia serta ekspor ke negara-negara seperti Malaysia, Timor Leste, dan Thailand. Investasi untuk proyek ini dari tahun 2024 hingga 2028 diperkirakan lebih dari USD 150 juta.

PT Mitra Mortar indonesia

General Manager PT Yadea Teknologi Indonesia, Mr. Wang Jinlong, menyatakan bahwa setelah sukses melakukan tes pasar di Indonesia sejak Maret 2023, Yadea semakin yakin dengan potensi besar pasar Indonesia. Hal ini didukung oleh kebijakan positif pemerintah dan fasilitas yang memadai.

“Pembangunan pabrik pintar Yadea di Indonesia ini menandakan langkah penting dalam globalisasi kami. Ini adalah janji kami untuk pasar Indonesia yang luas,” ujar Wang.

Pabrik di Suryacipta akan menjadi pusat produksi motor listrik Yadea, mulai dari riset dan pengembangan hingga perakitan. Selain itu, pabrik ini akan berfungsi sebagai basis produksi Yadea di Asia Tenggara untuk ekspor.

Yadea, yang didirikan pada tahun 2001 dan berkantor pusat di Wuxi, China, telah memasarkan produknya ke lebih dari 100 negara dengan penjualan mencapai 16,5 juta unit pada tahun 2023.

Pemerintah Berharap Pembangunan Pabrik ini Bisa Membuka Banyak Lapangan Kerja

Seperti yang kami kutip dari Kompas, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Eko SA Cahyanto, menambahkan bahwa pendirian pabrik baru Yadea di Indonesia akan menciptakan banyak lapangan kerja, mendorong pengembangan rantai industri terkait, dan membantu Indonesia mencapai tujuan transportasi berkelanjutan.

“Kami berharap Yadea dapat terus memanfaatkan keunggulan teknologinya untuk menyediakan produk kendaraan listrik yang berkualitas untuk pasar Indonesia. Kami juga berharap lebih banyak perusahaan mengikuti jejak Yadea dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Eko.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan