MNC Group Keluarkan Aturan Ketat Nobar Timnas Indonesia, Bagaimana Reaksi Publik?

0
133
MNC Group Keluarkan Aturan Ketat Nobar Timnas Indonesia, Bagaimana Reaksi Publik?
MNC Group Keluarkan Aturan Ketat Nobar Timnas Indonesia, Bagaimana Reaksi Publik? (Suasana Nobar Timnas Indonesia VS Korea Selatan di Kota Malang)
Pojok Bisnis

MNC Group telah menerapkan kebijakan baru terkait penyelenggaraan nobar Timnas Indonesia dalam pertandingan Piala Asia U-23. Sebagai pemegang hak siar, mereka secara tegas melarang penyelenggaraan nobar tanpa izin resmi. Konsekuensinya, pelanggaran terhadap aturan ini dapat mengakibatkan denda dan ancaman pidana.

Keputusan ini menuai beragam reaksi di media sosial, terutama dari para penggemar sepak bola yang bersemangat untuk menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia di semifinal kontra Uzbekistan. Namun, mengapa MNC Group mengambil langkah ini, dan apa saja peraturannya?

Sebelumnya, MNC Group telah mengeluarkan larangan serupa terkait acara offline penyiaran Piala Asia U-23 2024 atau AFC U23 Asian Cup 2024, termasuk nonton bareng atau nobar timnas Indonesia di ajang tersebut.

MNC Group Sebagai Pemilik Hak Siar Eksklusif AFC U-23 Asian Cup

MNC Group, sebagai pemegang tunggal hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster Piala Asia U-23 2024, menegaskan bahwa mereka memiliki hak untuk mengasosiasikan logo mereka dengan lambang resmi, maskot, dan trofi AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Republik Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

Untuk itu, MNC Group merilis tujuh poin larangan terkait penggunaan logo atau atribut AFC U-23 Asian Cup 2024 serta penyelenggaraan kegiatan yang terkait dengan Piala Asia U-23 2024.

Segala aktivitas yang terkait dengan Piala AFC U-23, termasuk penggunaan atribut dan logo, harus disetujui terlebih dahulu oleh MNC Group. Pelanggaran terhadap larangan-larangan ini dapat berujung pada sanksi pidana dan denda sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia.

Klarifikasi dari Pemerintah Terkait Aturan Nobar Tersebut

Meskipun beberapa netizen sepak bola menganggap aturan ini ditujukan untuk penyelenggaraan nobar yang bersifat komersial, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan klarifikasi. Mereka mendukung acara nobar pertandingan semifinal Piala Asia U-23 antara timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan, selama acara tersebut tidak dikomersilkan.

Dalam hal ini, komersialisasi merujuk pada pemasangan sponsor atau iklan serta pemungutan biaya. Dukungan tersebut bertujuan untuk mengakomodasi semangat masyarakat Indonesia dalam mendukung timnas mereka, asalkan tidak untuk tujuan komersial.

Kementerian Pemuda dan Olahraga, bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia dan MNC Group, mengapresiasi dukungan penuh masyarakat Indonesia terhadap Timnas Garuda. Masyarakat diimbau untuk terus memberikan dukungan kepada timnas Indonesia, terutama dalam upaya mereka untuk meraih tiket Olimpiade Paris tahun ini.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga mengapresiasi dukungan besar dari masyarakat Indonesia dengan menggelar nobar saat pertandingan timnas Indonesia melawan Korea Selatan pada laga perempat final. Informasi terkait nobar dapat diperoleh melalui website atau media sosial pemerintahan setempat.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan