Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Bandara Tersibuk di Asia Tenggara!

0
121
Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Bandara Tersibuk di Asia Tenggara!
Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Bandara Tersibuk di Asia Tenggara! (Dok Foto: Angkasa Pura)
Pojok Bisnis

Bandara Soekarno-Hatta telah memuncaki daftar sebagai bandara tersibuk di Asia Tenggara pada bulan April 2024, menurut data yang dirilis oleh OAG Aviation Worldwide Limited, sebuah lembaga intelijen perjalanan yang berbasis di London.

Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta kursi, jumlah yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bandara-bandara lain di kawasan tersebut. Secara spesifik, Bandara Changi di Singapura dan Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand, menempati posisi kedua dan ketiga dalam daftar tersebut.

Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro, menjelaskan bahwa periode angkutan lebaran yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 18 April 2024 juga berkontribusi signifikan dalam meningkatkan volume lalu lintas di Bandara Soekarno-Hatta, menjadikannya bandara tersibuk di kawasan Asia Tenggara.

Dia menambahkan bahwa kerjasama yang baik antara AP II, maskapai penerbangan, dan regulator sangat penting dalam mengatasi lonjakan permintaan selama periode puncak angkutan lebaran.

PT Mitra Mortar indonesia

Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Pada Musim Lebaran Capai 2 Juta Orang!

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda, mengungkapkan bahwa selama periode H-7 hingga H+4 angkutan lebaran, jumlah penumpang mencapai 2,02 juta orang, menandai peningkatan sebesar 7% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selama periode yang sama, maskapai juga telah mengoperasikan 994 penerbangan tambahan di Bandara Soekarno-Hatta untuk menangani lonjakan jumlah penumpang.

Denpasar menjadi tujuan paling diminati dari Bandara Soekarno-Hatta selama musim angkutan lebaran, dengan jumlah penumpang mencapai 336.610 orang. Disusul oleh Medan dengan 251.699 penumpang, Surabaya dengan 197.731 penumpang, Makassar dengan 170.596 penumpang, dan Padang dengan 166.218 penumpang.

Dwi Ananda juga menekankan pentingnya infrastruktur dan fasilitas yang handal dalam menjamin kelancaran layanan penerbangan dan kenyamanan penumpang. Saat ini, Bandara Soekarno-Hatta melayani penumpang melalui tiga terminal, yaitu Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3, yang semuanya terhubung dengan Skytrain untuk memudahkan mobilitas penumpang. Aksesibilitas bandara juga diperkuat dengan berbagai moda transportasi publik, termasuk kereta bandara.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta juga diakui atas upayanya dalam pemulihan dari dampak pandemi COVID-19. Pada acara Aviation Network Champions bulan Maret 2024, OAG memberikan penghargaan medali emas dalam kategori “The Most Recovered Airport” di kawasan Asia-Pasifik, sebagai pengakuan terhadap langkah-langkah pemulihan yang sukses diambil oleh bandara tersebut.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan