Pertemuan Jokowi dan Bos Apple, Bahas Investasi di Indonesia?

0
412
Pertemuan Jokowi dan Bos Apple, Bahas Investasi di Indonesia?
Pertemuan Jokowi dan Bos Apple, Bahas Investasi di Indonesia?
Pojok Bisnis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyambut kedatangan Bos Apple, Tim Cook, di Istana Kepresidenan. Pertemuan tersebut menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan perusahaan teknologi terkemuka dunia, Apple. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkapkan bahwa pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas komitmen Apple untuk meningkatkan investasinya di Indonesia.

Indonesia sebagai salah satu pasar potensial yang terus berkembang, memiliki kepentingan besar dalam menciptakan nilai tambah dalam negeri.

Mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri

Salah satu cara yang dianggap efektif adalah dengan meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) pada produk-produk teknologi, termasuk produk-produk Apple yang diminati oleh banyak konsumen di Indonesia.

Menurut Agus, meningkatkan TKDN bukanlah hal yang mudah, namun Indonesia memiliki keunggulan tersendiri dalam mendorong investasi dan pengembangan infrastruktur pendidikan. Bos Apple, dengan pendekatan uniknya, telah berkomitmen untuk berinvestasi dalam pendidikan melalui pembangunan Apple Developer Academy di beberapa kota di Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

“Komitmen Apple untuk membangun empat akademi pengembang di Indonesia, dengan rencana ekspansi ke Bali, menunjukkan keseriusan perusahaan dalam mendukung pengembangan SDM di Indonesia,” ujar Agus.

Selanjutnya, pemerintah berencana untuk melobi Apple agar membangun lebih banyak Apple Developer Academy di berbagai daerah, termasuk di wilayah Timur Indonesia dan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

“Tidak hanya itu, pemerintah juga akan berupaya mendorong kerjasama dengan Apple dalam membangun ekosistem industri teknologi yang lebih kokoh di Indonesia. Hal ini termasuk kemungkinan pembangunan pabrik oleh Apple di Indonesia, dengan memanfaatkan infrastruktur komponen handphone yang sudah tersedia di dalam negeri,” jelas Agus.

Pemerintah berkomitmen untuk memperkuat kerjasama dengan perusahaan-perusahaan teknologi global seperti Apple, guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Dengan memanfaatkan potensi sumber daya manusia dan infrastruktur yang ada, diharapkan Indonesia dapat menjadi pusat inovasi dan pengembangan teknologi yang berdaya saing global.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan