Dorong UMKM Binaan Memperluas Pasar, BCA Gandeng Blibli.com

0
724
Ilustrasi program BCA dalam pengembangan UMKM di Indonesia. (Merdeka.com)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Keberadaan marketplace saat ini telah menjadi solusi bagi pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan pasar. Hal itulah yang coba dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menggandeng Blibli.com. Tujuannya ialah untuk mendorong UMKM binaan BCA memperluas pasar.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Malang Chen Lin Andrew mengungkapkan, langkah ini merupakan bukti komitmen BCA dalam mendukung pengembangan usaha di sektor UMKM. Sebab UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia.

“Kali ini, upaya BCA diwujudnyatakan melalui kegiatan Workshop UMKM ‘Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan’ yang diikuti oleh sekitar100 orang pelaku UMKM di Malang,” ujar Chen Lin, Kamis (4/10).

Chen Lin pun menjelaskan, BCA telah menyiapkan berbagai program untuk mengembangkan UMKM binaan. Beberapa di antaranya seperti workshop dan pelatihan yang merupakan program berkelanjutan hingga memfasilitasi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis untuk jangka panjang.

Top Mortar gak takut hujan reels

Workshop bagi Pelaku UMKM seperti yang berlangsung di Malang juga bertujuan untuk menggali potensi penyaluran kredit di sektor UMKM. Tahun ini, Chen Lin memaparkan bahwa rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20%  dari total porfotolio kredit BCA.

Sementara itu, penyaluran kredit UMKM untuk BCA KCU Malang dan Borobudur pada Januari 2018-September 2018 tercatat Rp 800 miliar, naik 15% dibanding posisi akhir 2017 yang disalurkan ke 800 nasabah UMKM. Dan untuk skala nasional, hingga September 2018 kredit UMKM yang sudah tersalurkan sebesar Rp 61,8 triliun. Dan hebatnya, rasio kredit macet yang tercatat oleh BCA hanya 1,2% khusus Malang. Sementara nasional hanya 1,63%.

Chen Lin melanjutkan, selain di Malang rangkaian workshop sejenis akan berlangsung di Makassar dan Samarinda. Pada workshop yang digelar, pelaku UMKM akan mendapat pengajaran terkait tren penjualan digital dan e-commerce, media sosial, hingga pelatihan manajemen keuangan.

Melalui kegiatan ini, BCA berharap dapat berkontribusi untuk mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan berbagai produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.