Resmi Jadi Cawapres Prabowo Subianto: Ini Sederet Bisnis yang Pernah Ditekuni Gibran

0
276
Cawapres Prabowo
Resmi Jadi Cawapres Prabowo Subianto: Ini Sederet Bisnis yang Pernah Ditekuni Gibran (Foto : TvOne)
Pojok Bisnis

Ketua Umum Partai Gerindra, yang juga menjadi bakal calon presiden (capres), Prabowo Subianto, secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju untuk Pilpres 2024. Pengumuman ini dilakukan oleh Prabowo di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, pada hari Minggu malam.

Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan saat ini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Keputusan ini diambil setelah Koalisi Indonesia Maju berembuk secara final, mencapai kesepakatan konsensus untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju. Prabowo menjelaskan bahwa keputusan ini diambil secara aklamasi, dengan seluruh partai anggota Koalisi Indonesia Maju mencapai kesepakatan tersebut.

Gibran Rakabuming Raka, yang sejauh ini dikenal sebagai kader PDI Perjuangan, diusulkan secara resmi oleh Partai Golkar sebagai bakal cawapres yang akan mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2024.

Berikut adalah Rangkuman Bisnis Gibran Rakabuming Raka:

  • Mangkok Ku

Mangkok Ku adalah usaha kuliner yang dikelola bersama oleh Kaesang, Gibran Rakabuming, Chef Arnold Poernomo, dan Randy Kartadinata. Usaha ini menawarkan beragam rice bowl dan telah aktif sejak tahun 2019.

PT Mitra Mortar indonesia
  • Bisnis Katering Chili Pari

Awalnya dimiliki oleh Gibran, bisnis katering Chili Pari kini telah dialihkan kepada sang adik, Kaesang Pangarep. Usaha ini telah beroperasi sejak Desember 2010.

  • Goola

Bisnis minuman Goola, yang sebelumnya dimiliki oleh Gibran Rakabuming Raka, kemudian dialihkan kepada Kaesang. Goola menawarkan minuman tradisional dengan sentuhan modern, tetapi bisnis ini telah berhenti beroperasi sejak tahun 2020.

  • Markobar

Bisnis kuliner Markobar, yang pertama kali didirikan oleh Gibran, sekarang dikelola oleh Kaesang. Markobar menghadirkan berbagai varian martabak manis dengan berbagai pilihan topping.

  • Ternakkopi

Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang mendirikan Ternakkopi pada tahun 2019. Awalnya, bisnis kopi ini memiliki 40 gerai di Indonesia, namun karena kurangnya minat, Kaesang memutuskan untuk menutupnya.

Profil Gibran Rakabuming Raka

Gibran lahir di Solo pada 1 Oktober 1987 dan menyelesaikan pendidikan dasarnya di kota tersebut. Ketika lulus SMP, dia melanjutkan pendidikannya di Singapura, tepatnya di Orchid Park Secondary School pada tahun 2002.

Setelah menyelesaikan SMA, Gibran melanjutkan studi di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Sesudah lulus dari universitas tersebut, Gibran melanjutkan studinya di University of Technology Insearch, Sydney, Australia, dan lulus pada tahun 2010.

Meskipun memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi, pada tahun 2010, Gibran mendirikan usaha katering yang diberi nama Chilli Pari. Keberhasilannya dalam bisnis ini membawanya menjadi Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Pada bulan Juni 2015, Gibran menikahi mantan Putri Solo bernama Selvi Ananda.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan