Pentingnya Core Value dan Bagaimana Penerapannya dengan Software HRIS

0
339
core-value-software-hris. Female employee of the company brainstorming to design new project planning strategy. Woman focused on developing effective work procedures sitting at office desk with laptop.
Female employee of the company brainstorming to design new project planning strategy. Woman focused on developing effective work procedures sitting at office desk with laptop.
Pojok Bisnis

Produktivitas perusahaan tidak lahir dengan begitu saja. Ia adalah hal yang didorong dari nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan atau yang disebut core value. Dari nilai-nilai ini, organisasi perusahaan memiliki standar dan pedoman yang pasti mengenai sikap dan tingkah laku yang harus diterapkan.

Penerapannya begitu penting di dalam organisasi perusahaan. Maka dari itu, penting sekali setiap perusahaan untuk memilikinya. Bahkan, saat ini nilai inti ini bisa diterapkan dengan software HRIS.

Mari simak selengkapnya dalam artikel kami kali ini!

Seberapa Penting Core Value Bagi Perusahaan

Core value sangat penting bagi sebuah perusahaan karena mereka berfungsi sebagai panduan moral dan etika yang membentuk budaya perusahaan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa nilai inti sangat penting bagi perusahaan:

PT Mitra Mortar indonesia

1. Menentukan Identitas Perusahaan

Core values adalah pilar-pilar yang mendasari identitas perusahaan. Mereka mencerminkan prinsip-prinsip inti yang membedakan perusahaan dari yang lain. Nilai inti ini akan membantu perusahaan mengidentifikasi siapa mereka, apa yang mereka wakili, dan bagaimana mereka ingin dilihat oleh karyawan, pelanggan, dan masyarakat.

2. Mengarahkan Pengambilan Keputusan

Adanya core value di perusahaan, akan menjadi penuntun dalam pengambilan keputusan di perusahaan.

Ketika karyawan dan manajemen memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang dianggap penting dan benar dalam perusahaan, mereka dapat menggunakan nilai inti sebagai panduan dalam menghadapi tantangan dan membuat keputusan yang konsisten dengan nilai-nilai perusahaan.

3. Membangun Budaya Perusahaan

Membentuk nilai inti artinya membentuk budaya perusahaan, yaitu norma-norma, perilaku, dan sikap yang dianut oleh karyawan perusahaan.

Jika nilai inti perusahaan diintegrasikan secara efektif dalam budaya, mereka dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif, kolaboratif, dan produktif.

4. Memotivasi Karyawan

Sebuah core value yang kuat akan memberikan motivasi bagi karyawan. Ketika mereka merasa terhubung dengan nilai-nilai perusahaan, mereka lebih cenderung merasa terinspirasi dan berdedikasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan lebih antusias.

5. Meningkatkan Pemahaman Bersama

Adanya nilai inti di dalam perusahaan akan menciptakan kesamaan pemahaman di seluruh perusahaan. Karyawan yang memiliki pandangan yang sama tentang nilai-nilai ini lebih mudah bekerja sama dan berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

6. Menarik dan Mempertahankan Karyawan

Perusahaan dengan core values yang kuat dapat menarik dan mempertahankan karyawan yang berbagi nilai-nilai tersebut. Orang-orang cenderung mencari tempat kerja yang sesuai dengan keyakinan dan nilai-nilai pribadi mereka.

Selain itu, karyawan yang merasa nilai-nilai mereka dihargai cenderung tetap berada di perusahaan lebih lama.

7. Membangun Reputasi yang Baik

Core values yang konsisten dengan tindakan perusahaan dapat membantu membangun reputasi yang baik di mata pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat. Perusahaan yang dianggap berintegritas dan bertanggung jawab cenderung mendapatkan kepercayaan lebih dari para pemangku kepentingan.

Bagaimana Penerapan Core Value dengan Software HRIS

Penerapan core value perusahaan dengan menggunakan software HRIS (Human Resources Information System) dapat menjadi langkah yang efektif untuk memastikan nilai-nilai perusahaan terintegrasi dalam pengelolaan sumber daya manusia dan budaya perusahaan.

Berikut adalah beberapa cara penerapan core values melalui software HRIS:

1. Penerapan Nilai-nilai dalam Kebijakan dan Prosedur

Core value perusahaan dapat disertakan dalam kebijakan dan prosedur yang diatur dalam sistem HRIS. Misalnya, jika salah satu nilai perusahaan adalah “Integritas”, kebijakan etika bisnis dapat dimuat dalam HRIS untuk memberikan panduan dalam situasi bisnis tertentu.

2. Penilaian Karyawan Berbasis Core Values

HRIS dapat menyediakan fitur untuk mengevaluasi kinerja karyawan berdasarkan core value perusahaan. Ini dapat meliputi pertanyaan kuesioner yang mencakup bagaimana karyawan menerapkan nilai-nilai perusahaan dalam pekerjaan mereka.

3. Rekrutmen dan Seleksi yang Berorientasi pada Core Value

Software HRIS dapat digunakan untuk mengelola proses rekrutmen dan seleksi yang berfokus pada mencari karyawan yang sejalan dengan core value perusahaan. Pertanyaan wawancara dan tes psikologi dapat didesain untuk mengidentifikasi kesesuaian nilai-nilai karyawan dengan nilai-nilai perusahaan.

4. Pelatihan dan Pengembangan Berbasis Core Value

Modul pelatihan dalam HRIS dapat mencakup program pelatihan yang difokuskan untuk mengasah keterampilan karyawan dalam menerapkan core value perusahaan dalam pekerjaan mereka.

5. Pengakuan Karyawan yang Berprestasi

Software HRIS dapat menyediakan mekanisme pengakuan dan apresiasi bagi karyawan yang secara konsisten menerapkan core values perusahaan dalam pekerjaan mereka. Penghargaan seperti penghargaan karyawan bulanan atau tahunan dapat diberikan sebagai bentuk pengakuan.

6. Pengukuran Budaya Perusahaan

HRIS juga dapat mencakup alat untuk mengukur budaya perusahaan secara keseluruhan dan mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai perusahaan tercermin dalam sikap dan perilaku karyawan.

Hal ini bisa dilakukan dengan berpedoman pada competency management yang telah ditambahkan di dalam sistem HRIS.

Melalui penerapan core value melalui software HRIS, perusahaan dapat menciptakan budaya yang kuat yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan dan mendukung keberhasilan jangka panjang.

Penting untuk menjamin bahwa core values tidak hanya menjadi frase kosong, tetapi menjadi panduan yang hidup dan diterapkan dalam semua aspek manajemen sumber daya manusia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan