Buronan Penipuan Pre-order iPhone, Rihana Rihani, Akhirnya Ditangkap: Tips Membeli iPhone dengan Aman

0
4906
Rihana Rihani
Buronan Penipuan Pre-order iPhone, Rihana Rihani, Akhirnya Ditangkap: Tips Membeli iPhone dengan Aman
Pojok Bisnis

Pelaku penipuan Pre-order iPhone Si Kembar Rihana Rihani akhirnya berhasil ditangkap setelah menjadi buronan dalam waktu yang cukup lama. Penangkapan Rihana Rihani dilakukan oleh tim Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di M Town Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Kasus penipuan jual beli iPhone yang melibatkan sepasang cewek kembar ini telah menggegerkan media sosial.

Diduga bahwa Rihana dan Rihani, si kembar pelaku penipuan ini, melakukan penipuan dalam bisnis iPhone. Para korban Rihana dan Rihani dilaporkan mengalami kerugian total mencapai Rp 35 miliar. Modus operandi yang digunakan oleh pelaku adalah menawarkan iPhone dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Mereka juga menjanjikan diskon besar kepada para reseller, sehingga banyak orang yang tergiur dan melakukan pre-order iPhone pada keduanya. Sebanyak 13 laporan kepolisian telah diterima dari korban-korban Rihana Rihani yang mengaku uang mereka telah dibawa kabur.

Ketika ditangkap, Rihana Rihani terlihat santai dalam menjawab pertanyaan penyidik. Kasus ini memberikan pelajaran kepada masyarakat yang berniat membeli iPhone agar lebih berhati-hati. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli iPhone dengan aman, baik itu iPhone bekas maupun baru:

  • Beli melalui Facebook Marketplace

Usahakan mencari penjual yang berdomisili di dekat wilayah tempat tinggal Anda.

PT Mitra Mortar indonesia
  • Beli melalui Online Shop yang terpercaya

Periksa review dari pembeli lain dan rating toko tersebut sebelum membeli.

  • Gunakan pembayaran melalui Rekening Bersama (Rekber)

Mintalah penjual untuk menggunakan jasa rekber guna keamanan bagi kedua belah pihak.

  • Hati-hati dengan harga yang terlalu murah

Selalu cek harga pasaran terlebih dahulu agar tidak mudah tergiur oleh penawaran penjual yang tidak jujur.

  • Beli di gerai resmi iBox yang terletak di sekitar tempat tinggal Anda.

Selain itu, berdasarkan informasi yang beredar di sosial media maupun internet, terdapat beberapa tips untuk memeriksa keaslian iPhone yang dibeli:

Tips Untuk Memeriksa Keaslian
  1. Perhatikan tipe iPhone yang dibeli

Pilihlah iPhone dengan tipe yang memiliki kemampuan untuk bersaing hingga dua atau tiga tahun ke depan.

  1. Cari iPhone yang memiliki garansi resmi

Pastikan iPhone yang dibeli memiliki garansi resmi dan periksa kode negara Indonesia (PA/A) yang tertera di belakang kotak.

  1. Hindari iPhone refurbished

Waspadai penjual yang mengklaim menjual iPhone bergaransi internasional, namun sebenarnya barang yang dijual adalah refurbished atau rekondisi.

  1. Periksa nomor IMEI

Melalui menu Settings – General – About, periksa nomor IMEI iPhone dan cocokkan dengan data yang tertera di situs resmi Apple untuk mengetahui waktu produksi dan sisa masa garansi.

  1. Periksa status iCloud

Jika membeli iPhone bekas, lakukan reset untuk menghapus akun iCloud dan menghilangkan semua jejak digital dari pemilik sebelumnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan