Peluang Bisnis Industri Esports Indonesia, Mengoptimalkan Potensi Pasar yang Pesat

0
415
Esports Indonesia
Peluang Bisnis Industri Esports Indonesia, Mengoptimalkan Potensi Pasar yang Pesat
Pojok Bisnis

Industri esports di Indonesia sedang mengalami perkembangan yang pesat dan menawarkan nilai bisnis yang besar. Dengan jumlah pemain gim esports mencapai 44,2 juta orang dengan rentang usia 13 hingga 24 tahun, Indonesia telah menjadi salah satu negara terbesar dalam penggunaan gim di pasar Asia Tenggara. Pada tahun 2019, pasar gim di Indonesia mencapai angka US$1,1 miliar, menjadikannya pasar bisnis terbesar di ASEAN.

Dengan meningkatnya popularitas industri esports, peluang bisnis dan profesi yang menarik pun terbuka lebar. Banyak pengusaha yang melihat tren ini sebagai kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka, sementara individu yang memiliki bakat dapat membangun karier yang sukses dalam berbagai peran yang mendukung industri esports.

Mengintip Potensi Bisnis dan Profesi di Industri Esports Indonesia

  • Penyelenggaraan Turnamen

Salah satu peluang bisnis utama dalam industri esports adalah penyelenggaraan turnamen. Banyak pihak dapat berpartisipasi dalam mengorganisir kompetisi lokal, regional, bahkan internasional untuk berbagai permainan esports. Kemitraan dengan publisher lokal semakin terbuka lebar, seperti yang diungkapkan oleh Don Putu Hariswara, Country Director Kohai Infiniti. Kolaborasi dengan publisher lokal di area lain juga menjadi peluang menarik.

PT Mitra Mortar indonesia
  • Peralatan dan Aksesori Gaming

Permintaan akan peralatan gaming berkualitas tinggi terus meningkat. Peluang bisnis ini mencakup penjualan perangkat keras seperti keyboard, mouse, headset, dan aksesori gaming khusus. Membuka toko fisik atau platform e-commerce untuk menjual produk-produk ini dapat menjadi potensi untuk mendapatkan keuntungan.

  • Penyiaran dan Konten Esports

Platform streaming telah menjadi tempat populer bagi penggemar untuk menonton pertandingan esports secara langsung. Peluang bisnis muncul dalam pembuatan konten esports, seperti streaming langsung, pembuatan video highlight, analisis pertandingan, dan wawancara dengan pemain. Dengan membangun basis penggemar yang besar, Anda dapat memonetisasi konten melalui sponsor, donasi, dan iklan.

  • Jasa Manajemen dan Konsultasi

Dalam industri esports, terdapat permintaan untuk jasa manajemen tim, pelatih, konsultan strategi, dan pengembangan bakat. Jasa ini berguna untuk membantu tim esports dan mengasah pemain agar mencapai performa terbaik.

  • Event Organizer dan Pemasaran

Mengorganisir acara esports seperti konferensi, pameran, atau pertemuan komunitas merupakan peluang bisnis lainnya. Dengan pertumbuhan ekosistem esports di Indonesia, profesi lain di tim esports dapat menyediakan layanan perencanaan acara, pemasaran, dan promosi untuk turnamen dan kompetisi esports. Hal ini juga menciptakan kesempatan bagi profesi seperti caster dan host.

  • Pembuatan Konten Digital

Industri esports membutuhkan konten digital yang menarik, seperti video, artikel, podcast, dan media sosial. Anda dapat memanfaatkan keterampilan menulis, editing video, atau produksi konten untuk menciptakan konten yang menghibur dan informatif bagi komunitas esports.

Dengan mengoptimalkan potensi pasar yang pesat dalam industri esports Indonesia, peluang bisnis dan profesi yang menarik dapat dijelajahi dan dimanfaatkan dengan baik.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan