Di Masa Depan, Bisnis UMKM Butuh Ini!

0
404
di masa depan bisnin umkm butuh ini
Pojok Bisnis

Berempat.com – Seiring berjalannya waktu, persaingan di dunia bisnis pun semakin ketat. Lalu, hal apa sajakah yang dibutuhkan untuk pengembangan bisnis UMKM di masa depan?

 

  1. PERIZINAN / MEMILIKI LEGALITAS LENGKAP

UMKM yang siap bersaing dengan tantangan masa depan sudah tentu memiliki kelengkapan legalitas usaha. Dengan memiliki legalitas usaha yang lengkap, anda bisa mengakses program – program pengembangan hingga pembiayaan usaha dari pemerintah maupun Lembaga lainnya. Anda juga dapat menjalin kerja sama bisnis dan bergabung ke dalam lingkup dagang yang lebih besar.

Selain itu, usaha anda akan lebih aman dan berbisnis lebih nyaman dengan perlindungan hukum yang diakui oleh Pemerintah.

PT Mitra Mortar indonesia

Sebagai Langkah awal, daftarkan usaha anda supaya mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

 

  1. OPTIMASI DIGITALISASI DALAM KEGIATAN USAHA

Digitalisasi tidak hanya sekedar memasarkan produk secara online, melainkan juga menerapkan pola pikir yang lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan proses bisnis. Di era digitalisasi saat ini, konsumen pun sudah semakin akrab dengan dunia digital. Oleh karena itu, anda juga harus bisa selangkah lebih maju agar dapat memberikan pelayanan yang optimal terhadap kebutuhan konsumen di era digital ini.

 

  1. INOVATIF & MENGEDEPANKAN RISET BERBASIS DATA

Sebelum memulai sebuah usaha atau mengeluarkan produk baru, sangat penting bagi anda untuk terlebih dahulu melakukan riset pasar. Riset ini akan membantu anda dalam mewujudkan produk atau usaha yang inovatif dengan nilai atau keunikannya tersendiri yang memang dibutuhkan oleh pasar.

Selain itu, riset yang dilakukan pun bisa juga dengan cara sederhana yaitu melalui survei. Tentukan poin – poin riset yang ingin ditanyakan serta lakukan riset secara berkala dan konsisten untuk menjaga kualitas produk.

Anda juga bisa melibatkan pelanggan, teman, keluarga, ataupun tetangga untuk berpartisipasi dalam riset yang anda lakukan. Dari hasil riset yang telah dilakukan, dapat anda gunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan untuk pengembangan produk maupun usaha anda di masa depan.

 

Dengan memperhatikan hal – hal yang ada diatas, diharapkan UMKM bisa menjalankan kegiatan usaha secara legal dan produk yang dipasarkan memiliki nilai lebih dalam memberikan keamanan bagi konsumen karena mendapatkan perlindungan hukum. Tentunya, hal itu juga harus didukung dengan inovasi serta pemilihan target pasar yang tepat agar pengembangan bisnis anda dapat tercapai seiring dengan tantangan yang dihadapi di masa depan.

 

Ikuti terus situs berempat.com untuk mendapatkan info dan berita terbaru seputar UMKM, Bisnis , juga Ekonomi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan