Tokopedia Raih Rp 2.26 Triliun Di Awal Tahun 2023

0
578
Tokopedia
Pojok Bisnis

Bisnis di bidang e-commerce yakni Tokopedia turut berkontribusi positif terhadap peningkatan kinerja PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, pada awal tahun 2023 atau Kuartal pertama di tahun ini.

Tokopedia yang menjadi marketplace terbesar di Indonesia saat ini mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar Rp2,26 triliun  atau meningkat 21% pada 3 bulan pertama di tahun ini dibandingkan Rp1,87 triliun pada 3 bulan pertama di tahun lalu.

Peningkatan dan pertumbuhan pendapatan terhadap Tokopedia ini menjadi sangat penting karena menandakan besarnya peran pelanggan setia tokopedia terhadap pertumbuhan bisnis markerplace satu ini.

Karena, Tokopedia tetap mampu mencatatkan kenaikan pendapatan di tengah Gross Transaction Value pada lini bisnis e-commerce sebesar Rp62,8 triliun pada Kuartal-I 2023 atau termoderasi kurang dari 4% dibandingkan Rp65,135 triliun pada Kuartal-I tahun lalu.

PT Mitra Mortar indonesia

Situasi positif di Tokopedia tersebut turut mendorong upaya optimalisasi di sejumlah pos pengeluaran PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Hasilnya, pendapatan bruto GOTO itu sendiri naik hingga 14% menjadi 6 triliun di kuartal pertama 2023 dengan efisiensi biaya insentif pemasaran turun sebesar 39% atau Rp2,6 triliun.

Beriringan dengan pertumbuhan signifikan yang di peroleh Tokopedia tersebut, untuk kali pertama lini bisnis e-commerce GOTO juga sukses mencapai margin kontribusi positif per Kuartal pertama di tahun 2023 ini.

Peningkatan Sebesar 0,3% dari Gross Transaction Value atau  terjadi peningkatan 223 basis poin (bps) dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama.

Di satu sisi, tercapainya target margin kontribusi positif di lini bisnis e-commerce ini sejalan dengan rencana awal yang ditargetkan manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Di saat yang sama, semakin menunjukkan GOTO berada di jalur yang tepat menuju profitabilitas yang akan diawali dengan tercapainya Adjusted EBITDA yang positif PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, pada akhir tahun 2023.

Direktur Keuangan GoTo, Jacky Lo, menyampaikan ”Dengan tercapainya margin kontribusi positif keseluruhan Grup pada kuartal ini, Perseroan berada pada titik penting di tengah upaya mendorong profitabilitas seluruh unit bisnis. Hal ini didukung oleh peningkatan pertumbuhan pendapatan serta rasionalisasi insentif secara konsisten,”

Profitable Consumer atau Besarnya jumlah pelanggan setia itu lah yang membuat Tokopedia di urutan pertama lini bisnis e-Commerce di Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan