Mengenal Lebih Dekat dengan Sandiaga Uno

0
118
sandiaga uno
Doc Kompas
Semen Instan Serbaguna

Sandiaga Uno pebisnis yang juga menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini sudah banyak dikenal banyak orang. Dia juga salah satu pemegang saham terbesar emiten PT Saratoga Investama Sedaya Tbk berkode saham SRTG.

Sandiaga Uno merupakan anak terakhir dari dua bersaudara dari pasangan Razif Halik Uno (Henk) dan Rachmini Rachman (Mien). Sebelum dikenal di dunia politik, Sandiaga Uno merupakan seorang pengusaha, memulai awal karirnya sebagai financial consultant.

Perlu diketahui, Sandiaga Uno kuliah di George Washington University dengan nilai IPK 4.00. Selanjutnya dia bekerja di Singapura pada tahun 1993, bergabung ke salah satu perusahan investasi bernama Seapower Asia Investment Limited. Di perusahaan tersebut dia menjabat sebagai manajer investasi.

Namun, dia hanya bertahan selama dua tahun lamanya di Singapura. Pada tahun 1995, dia memutuskan untuk pindah tempat kerja di Kanada. Dia bergabung di perusahaan bernama NTI Resources Ltd dan mendapatkan jabatan tinggi di perusahaan tersebut.

Top Mortar Semen Instan

Saat Indonesia mengalami krisis tahun 1997, bapak 3 anak ini pernah mengaku terkena PHK dan tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Namun, perjalanan awal karir Sandiaga Uno ini bisa dibilang tidak mulus, bahkan dianggap sebelah mata oleh banyak perusahaan. Berbekal pengalaman ditolak menjadi karyawan, dia pun lalu memutuskan untuk menjadi pengusaha.

“Waktu itu sulit. Karena dianggap yang memberikan saran adalah kumpulan anak-anak kepada perusahaan-perusahaan besar, istilahnya kami anak kemarin sore. Satu jam presentasi, 45 menit habis untuk meyakinkan mereka,” kata Sandiaga, dikutip dari Detik.

Setelah 6 bulan berlalu, akhirnya ada sebuah perusahaan yang menggunakan jasa Sandiaga. Pada tahun 1998, bersama dengan Edwin Soerjadjaja sahabat Sandiaga Uno, mereka mendirikan Saratoga Capital. Perusahaan yang bergerak di bidang daya alam dan infrastruktur.

Dia pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia nomor 122 oleh Majalah Globe Asia. Pada 2011, Sandiaga juga didapuk sebagai orang terkaya No. 37 di Indonesia versi majalah Forbes.

Dilansir dari Kompas, Berdasarkan catatan LHKPN, kekayaan Sandiaga Uno mencapai Rp 10,6 triliun atau tepatnya Rp 10.617.085.468.830. Dibandingkan tahun 2020, kekayaan mantan wakil Gubernur DKI Jakarta itu melonjak drastis hingga Rp 6,8 triliun dari yang sebelumnya yakni Rp 3,8 triliun.

Perjalanan karir Sandiaga Uno tidak hanya sekadar pengusaha sukses, tapi juga memiliki perjalanan sebagai politisi. Di pertengahan tahun 2015, Dia bergabung ke Partai Gerindra dan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra. Tahun 2017 dia bersama dengan Anies Baswedan memenangkan Pilkada DKI Jakarta dan dia menjadi Wakil Gubernur.

Namun, Sandiaga hanya sebentar untuk menjabat Wakil Gubernur karena mendampingi Prabowo Subionto di Piplres 2019 lalu. Sayangnya pasangan Prabowo-Sandiaga ini kalah dengan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Kini Sandiaga Uno menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menggantikan Wishnutama.

=====

Ikuti artikel menarik lainnya di berempat.com

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan