Jokowi akan Penuhi Undangan Elon Musk ke SpaceX

(Dok: AFP/Britta Pedersen)

Jakarta – Pendiri SpaceX dan Tesla Elon Musk mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengunjungi markas SpaceX di Texas, AS. Jokowi akan memenuhi undangan itu.

Demikian tutur Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Roeslani. Rosan juga menyatakan akan mendampingi Jokowi pada pertemuan yang dijadwalkan pada 14 Mei mendatang.

“Presiden akan mengunjungi SpaceX, 14 Mei rencananya sesudah AS Asean Summit,” terang Rosan, Selasa (26/4).

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memulai rangkaian acara di Amerika Serikat dengan menghadiri AS-ASEAN Summit 2022 di Washington DC. Kemudian, ia akan mampir ke markas SpaceX di Texas.

Jokowi akan didampingi sejumlah menteri dalam kunjungan itu. Beberapa di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kunjungan Jokowi ke SpaceX itu berkaitan dengan undangan langsung dari Elon Musk. Elon disebut mengundang Jokowi untuk berbicara investasi.

Undangan itu dikirim Elon usai bertemu dengan Luhut di Texas, Selasa (26/4). Undangan untuk Jokowi disebut sebagai tindak lanjut pertemuan Elon dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain membahas kunjungan Jokowi ke Negeri Paman Sam, Rosan menuturkan rombongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga membahas ketertarikan Musk menanamkan modalnya di Indonesia untuk membangun pabrik mobil listrik.

Ia mengatakan Musk akan mengutus timnya datang ke Indonesia pada pertengahan Mei untuk menindaklanjuti peluang investasi itu.

“Ketertarikan Elon Musk untuk investasi EV baterai di Indonesia dan Pak Luhut menawarkan juga untuk membuat pabrik Mobil Tesla di Indonesia. Elon Musk akan mengirimkan tim Tesla untuk ke Indonesia pada pertengahan Mei untuk menindaklanjutinya,” terang dia.