Perusahaan Milik BUMN Akuisisi Pabrik Siemens Power dan Gas Turbine Component

0
1042
Penandatanganan asset purchase agreement antara PT Barata Indonesia (Persero) dengan PT Siemens Indonesia dalam rangka akuisisi pabrik Siemens Power dan Gas Turbine Components oleh Barata di gedung Kementerian BUMN, Kamis (2/8).(KOMPAS.com/Andri Donnal Putera)
Pojok Bisnis

Berempat.com – Perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Barata Indonesia (Persero) mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi pabrik Siemens Power dan Gas-Turbine Components yang berada di Cilegon, Banten. Pengakuisisian tersebut ditandai dengan penandatanganan “Asset Purchase Agreement” (APA) antara Barata dan PT Siemens Indonesia di Lantai 6 Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/8).

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Silmy Karim dengan Presiden Direktur & CEO PT Siemens Indonesia Prakash Chandran. Sementara itu disaksikan langsung oleh Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dan Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, aksi korporasi PT Barata Indonesia (Persero) ini merupakan salah satu bentuk peran BUMN dalam pengembangan industri dalam negeri.

“Penambahan aset ini juga merupakan upaya dan salah satu komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan kandungan lokal dalam setiap proyek-proyek strategis pemerintah,” ujarnya.

Top Mortar gak takut hujan reels

Direktur Utama PT Barata Indonesia Silmy Karim menyatakan, pihaknya menyambut baik atas bergabungnya tim siemens power dan gas turbin components factory ke dalam keluarga besar BUMN khususnya ke lingkungan PT Barata Indonesia.

“Kami bersemangat atas kesempatan yang timbul dari penggabungan pengalaman dan kemampuan kami di pasar pembangkit,” ungkap Silmy.

PT Barata Indonesia (Persero) memegang peran penting dalam program elektrifikasi di Indonesia, sejalan dengan penugasan pemerintah kepada Barata sebagai koordinator dalam program lokal konten pembangkit listrik. Pengambilalihan aset dan tenaga kerja Siemens akan meningkatkan kegiatan operasi PT Barata Indonesia (Persero). Termasuk akan lebih meningkatkan akses market baik lokal dan internasional dengan komponen Siemens sebagai base load, terutama dalam bisnis pembangkit tenaga listrik.

“Saya melihat pendekatan ini sejalan dengan semangat untuk memperkuat kapasitas industri nasional. Kami berharap untuk bisa terus berinovasi dan tumbuh bersama,” tutur Silmy.

Dalam skema kerjasama bisnis, PT Barata Indonesia dan Siemens telah berhasil berkolaborasi dalam beberapa proyek pembangkit listrik dan pembuatan unit turbin, termasuk untuk industri gula. Menurut Presiden Direktur & CEO PT Siemens Indonesia Prakash Chandran, Siemens telah menemukan pembeli strategis yaitu PT Barata Indonesia yang merupakan mitra pendukung fokus Siemens dalam fabrikasi komponen turbin. Hal ini juga sejalan dengan visi siemens yang mendukung program lokal konten dan meningkatkan peran strategis Indonesia pada Global Supply chain Siemens.

Siemens mendukung program pembangunan infrastruktur Indonesia dengan mengindentifikasi tantangan, dan menetapkan peluang melalui sinergi dengan BUMN yang merupakan salah satu elemen penting dalam kemitraan Siemens.

Selama hampir 30 tahun, Pabrik Siemens Power dan Gas-Turbine Components di Cilegon telah memproduksi komponen untuk turbin uap dan gas serta peralatan tambahan untuk pembangkit listrik. Dengan lebih dari 460 karyawan, Pabrik Siemens Power dan Gas-Turbine Components di Cilegon telah mengekspor produk-produknya ke banyak proyek pembangkit listrik Siemens yang tersebar di seluruh dunia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.