Minimalisir Kecurangan, Grab Luncurkan Fitur ‘Anti Tuyul’

0
433

Berempat.com – Fenomena ‘tuyul’ atau perjalanan palsu yang dilakukan oleh mitra-mitra pengemudi nakal sepertinya juga meresahkan pihak Grab. Pasalnya, hal tersebut cukup merugikan, baik bagi Grab sendiri maupun bagi mitra pengemudi lain yang sudah bekerja secara jujur. Peluncuran ini berbarengan dengan diresmikannya Grab Driver Center di Tangerang.

“Kehadiran fitur ‘Anti Tuyul’ dalam aplikasi Grab dan fasilitas Grab Driver Center ini dapat mendukung aktivitas para mitra pengemudi yang dinamis, serta meningkatkan kenyamanan para mitra pengemudi GrabCar saat berkunjung sekaligus meningkatkan produktivitas mereka dalam memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggan,” ujar Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan resminya di Tangerang, Rabu (1/8).

Diluncurkannya fitur Anti Tuyul ini merupakan upaya lanjutan setelah Grab sukses dengan kampanye ‘Grab Lawan Opik!’ pada awal tahun 2018. Dan kali ini, Grab mencoba memerangi penggunaan aplikasi GPS palsu atau fake GPS yang kerap digunakan oleh mitra pengemudi nakal.

“Pengunaan aplikasi sejenis fake GPS ini tidak hanya merugikan para pelanggan karena harus menunggu lebih lama karena posisi pengemudi lebih jauh dari apa yang tertera di GPS. Tapi juga terutama merugikan mitra pengemudi yang bekerja keras secara jujur tanpa melakukan tindak kecurangan seperti penggunaan aplikasi Tuyul tersebut,” terang Ridzki.

Yang membuat fitur Anti Tuyul ini istimewa adalah fitur ini dapat memblokir perangkat mitra pengemudi yang memiliki aplikasi GPS palsu di ponselnya. Sehingga mitra pengemudi pun tak bisa membuka akun Grab miliknya. Akun Grab baru akan bisa digunakan apabila seluruh aplikasi GPS palsu telah dihapus oleh mitra pengemudi dari ponselnya.

Peluncuran fitur ini, sambung Ridzki, juga menegaskan komitmen Grab untuk memastikan bahwa mitra pengemudi mendapatkan penghasilan yang adil. Termasuk menyediakan platform transportasi teraman bagi para pengguna termasuk mitra pengemudi.

Selain meningkatkan segi keamanan aplikasi mitra pengemudi, Grab juga terus meningkatkan layanannya kepada seluruh mitra pengemudi dengan penyediaan beragam fasilitas. Setelah meresmikan GDC Jakarta pada bulan September 2017 dan GDC Bogor pada bulan Maret 2018 lalu, Grab kembali meresmikan GDC terbaru yang berlokasi di Ruko The ICON BSD City, Tangerang pada awal Agustus 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.