Wishnutama Resmi Jadi Komisaris Utama Telkomsel

0
41
Komisaris Utama Telkomsel, Wishnutama Kusubandio (Dok: swa.co)

Jakarta – Telkom dan Singtel selaku pemegang saham Telkomsel mengangkat mantan Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio menjadi Komisaris Utama. Keputusan ini berlaku efektif mulai 11 Februari 2021.

Selain mengangkat Komisaris Utama yang baru, juga terdapat perubahan susunan manajemen Telkomsel.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menyampaikan, manajemen Telkom Group menyambut baik kehadiran Wishnutama sebagai Komisaris Utama Telkomsel.

“Merupakan hal yang baik bagi Telkom Group khususnya Telkomsel, mengingat beliau merupakan orang yang paham tentang teknologi digital dan sudah memiliki cukup banyak pengalaman di industri digital tersebut,” ujar Ahmad Reza, Kamis (11/2/2021).

Ahmad Reza menambahkan sebagai perusahaan terbuka yang dual listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan New York Stock Exchange (NYSE) Telkom Group senantiasa berpegang teguh pada azas kepatuhan dan Good Corporate Governance, serta secara konsisten menjalankan keterbukaan informasi kepada publik.

“Diharapkan (keputusan, red) ini dapat menjadi harapan baru yang mampu mendukung langkah pengembangan strategi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan untuk kemajuan bangsa,” imbuh Reza.

Pengamat telekomunikasi Ridwan Effendi menyambut baik dipilihnya Wishnutama sebagai komut Telkomsel. Ia menilai Wishnutama merupakan figur yang tepat dan dianggap mampu merealisasikan misi perusahaan.

“Komisaris utama yang baru tentunya beliau punya pandangan yang visioner ke depan,” ujar mantan komisioner BRTI ini.

Keyakinan Ridwan itu berlandaskan pada kinerja Wishnutama saat menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) untuk tahun 2019 sampai 2021. Meski singkat dan jabatan menteri tersebut digantikan oleh Sandiaga Uno, Ridwan memandang kinerjanya baik.

Terlebih lagi, dengan perombakan yang dilakukan di jajaran direksi Telkomsel juga, bisa membawa menterjemahkan visi misi perusahaan ke depannya.

“Komisaris kan memberikan visi, eksekusi di direksi. Direktur Network yang juga alumni elektro ITB yang punya kapabilitas,” ucapnya.

Diberitakan, Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama yang menggantikan Ririek Adriansyah. Lalu, Direktur Sales ditempati Hendri Mulya Syam yang sebelumnya menjabat Direktur Network. Adapun di Direktur Sales, Hendri menggantikan Ririn Widaryani. Kemudian, Direktur Network diisi oleh Nugroho.