e-LogBook, Kartu Transaksi Bagi Pengemudi AKAP Resmi Diperkenalkan

0
541
Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Susi Adi Sulistyowati dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara resmi meluncurkan Kartu e-LogBook pada Acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018/1439 H. (Dok. BNI)

Berempat.com – Pemerintah saat ini sangat gencar mendorong masyarakat Indonesia agar mau beralih menggunakan transaksi digital dalam keseharian. Salah satu bentuk upaya tersebut ialah dengan menerbitkan kartu e-LogBook Pengemudi Angkutan Kota dan Antar Provinsi (AKAP).

Kartu tersebut berfungsi sebagai Kartu Identitas dan pusat data pengemudi berbasis QR Code dan kebutuhan keuangan lain seperti TapCash atau Debit Virtual Account. Dengan begitu, kartu e-LogBook ini bisa juga digunakan untuk mengambil uang di mesin ATM.

Kartu e-LogBook ini merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI). Namun, kartu e-LogBook ini sudah resmi diumumkan pada Acara Malam Apresiasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2018/1439 Hijriah pada Jumat (6/7).

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Susi Adi Sulistyowati mengatakan, BNI mendukung penuh langkah Kemenhub dalam memberikan layanan transportasi yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Salah satu bentuk dukungan BNI adalah dengan menambahkan fungsi finansial pada kartu e-LogBook sehingga dapat memudahkan para pengemudi untuk memenuhi kebutuhan saat bertransaksi perbankan,” jelas Susi.

Sementara itu, manfaat lain kartu e-LogBook ini antara lain untuk pembayaran di berbagai ruas jalan tol di Jabodetabek dan non-Jabodetabek, serta pembelian BBM pada beberapa Pompa Bensin. Kemudian, dengan berfungsinya kartu e-LogBook sebagai BNI Debit Virtual Account, maka kartu ini sama fungsinya dengan Kartu Debit BNI. Namun, kartu ini tak mengharuskan pemegangnya membuka rekening baru di BNI.

Kelebihan lain kartu ini ialah adanya Logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sehingga dapat diterima di semua mesin EDC (Electronic Data Capture). Tarif transfer antar-ATM pun menjadi lebih murah. Pada kartu tersebut juga bisa dipeluas manfaatnya dengan ditambahkan manfaat asuransi yang didukung oleh BNI Life.

“Dengan demikian, Kartu Multi Fungsi e-LogBook memiliki fungsi finansial dan juga fungsi non-finansial yang keduanya sama-sama diharapkan dapat mengoptimalkan layanan bagi masyarakat luas, khususnya para pengemudi AKAP,” sambung Susi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.