Mau Berbisnis Tanpa Meninggalkan Pekerjaan Tetap? Ini Triknya

0
145
Ilustrasi berbisnis sambil bekerja. (startupstockphotos.com)

Berempat.com – Menjadi karyawan tetap umumnya membuat siapa saja bisa terlena berada di zona nyaman. Namun, tak jarang juga ada yang ingin mencoba tantangan baru dengan menjalani bisnis di sela-sela pekerjaan. Walaupun tak sedikit pula yang ragu dan takut untuk merealisasikannya karena cukup mempertaruhkan karier.

Memang, menjalani dua pekerjaan sekaligus tidaklah mudah. Waktu dan tenaga sudah pasti akan banyak terbuang. CEO The Explorer’s Passage, Jeff Bonaldi pun mengamini hal tersebut.

Jeff Bonaldi adalah pengusaha yang memulai bisnis saat masih menjadi karyawan. Baginya, bekerja di perusahaan orang lain sama saja menyandarkan nasib pada orang lain. Sementara berbisnis adalah memegang nasib sendiri. Ia pun tak menampik ada banyak orang yang ingin berbisnis untuk bisa mengendalikan nasibnya sendiri. Karena itu, ia mau berbagi kiat kepada siapa saja yang masih bekerja tapi ingin merintis bisnis.

  1. Temukan sesuatu yang disuka

Bonaldi sebetulnya sudah merasa beruntung karena memiliki pekerjaan yang hebat. Namun, ia memiliki tujuan jangka panjang yang dirasa lebih bisa menghidupkan gairah hidupnya.

Namun untuk memulai bisnis, tentu ada banyak tantangan yang akan dihadapi. Masa-masa sulit sudah pasti akan datang menghampiri. Karena itu, Bonaldi menyarankan agar menemukan sesuatu yang disukai sehingga masa-masa sulit itu terasa lebih ringan.

“Temukan sesuatu yang Anda cintai sehingga Anda tidak akan keberatan menghabiskan waktu luang Anda di atasnya,” ujar Bonaldi.

  1. Tapaki selangkah demi selangkah

Tak perlu terlalu jauh membayangkan sesuatu. Pasalnya, banyak di antara kita yang menjadi bingung dalam memulai langkah ketika sudah membayangkan capaian yang diinginkan terlalu jauh. Mulailah dari hal yang kecil, sedikit demi sedikit tapi bisa dijalani.

Misalnya, mulai dengan mencari nama merek atau perusahaan, buat logo dan riset pasar. Kemudian, perlahan semuanya akan berjalan dengan sendirinya. Satu demi satu jalan akan terbuka. Dan tanpa dirasa, setahun kemudian Anda akan kagum dengan apa yang sudah berhasil diraih hanya dengan beberapa jam kerja ekstra per hari.

  1. Tetap fokus pada pekerjaan

Memulai bisnsi sambil bekerja sebetulnya tak ubahnya perjudian. Kita tak bisa benar-benar tahu apakah bisnis yang kita mulai dapat berkembang dan menjanjikan kelak, atau dapat sepadan apabila kita meninggalkan pekerjaan tetap.

Karena itu, Bonaldi pun menyarankan agar kita tetap fokus dan bekerja keras pada pekerjaan tetap. Pasalnya, pekerjaan tetap kita sudah bisa memberikan jaminan pendapatan dan keamanan, sehingga kita masih memiliki kesempatan untuk tumbuh dan belajar setiap hari.

Bonaldi sendiri merasa beruntung dapat bekerja di lingkungan yang paham betul tentang manajemen risiko, pemasaran dan penjualan. Dan ia pun merasa terbantu dengan semua itu sehingga dapat mengadopsi ke bisnisnya.

”Belajar sebanyak apa pun yang Anda bisa di pekerjaan Anda,” katanya.

Penikmat musik Nirvana, penyuka ayam goreng, dan mengidolakan Eka Kurniawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here