Sejarah Baru! Upacara HUT RI Ke-79 Pertama di Ibu Kota Nusantara

0
267
Sejarah Baru! Upacara HUT RI Ke-79 Pertama di Ibu Kota Nusantara
Sejarah Baru! Upacara HUT RI Ke-79 Pertama di Ibu Kota Nusantara (Dok Foto: BPMI Setpres/Vico)
Pojok Bisnis

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT RI Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di halaman Istana Negara yang berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Acara ini juga diadakan secara hybrid dengan partisipasi dari halaman Istana Merdeka di Jakarta, dan berlangsung dengan khidmat serta lancar.

Presiden Joko Widodo memimpin upacara tersebut sebagai inspektur upacara, ditemani oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dan Tiga Transisi Besar

Peringatan HUT Ke-79 RI kali ini mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” yang mencerminkan tiga transisi besar bagi Indonesia: peresmian ibu kota baru, pergantian kepemimpinan, dan persiapan menuju Indonesia Emas 2045.

Komandan Satuan 81 Kopassus, Kolonel Inf. Nur Wahyudi, bertindak sebagai komandan upacara. Prosesi dimulai dengan laporan dari komandan upacara dan disusul oleh dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali di kawasan IKN, diiringi sirene panjang yang menandai dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi.

PT Mitra Mortar indonesia

Setelahnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani, membacakan naskah proklamasi yang telah dibacakan pertama kali oleh proklamator Soekarno 79 tahun silam, menandakan kemerdekaan Indonesia. Usai pembacaan, Presiden Jokowi memimpin peserta upacara baik di IKN maupun di Jakarta dalam mengheningkan cipta, kemudian diikuti pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Pengibaran Bendera oleh Paskibraka dan Lanjutkan dengan Tarian Tradisional

Livenia Evelyn Kurniawan, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Kalimantan Timur, membawa bendera Merah Putih untuk dikibarkan. Anggota Paskibraka lainnya yang berperan dalam pengibaran ini adalah Akmal Faiz Ali Khadafi sebagai pembentang bendera, Try Adyaksa S. sebagai pengerek bendera, dan Fifandra Ardiansyah Daud sebagai Komandan Kelompok 8.

Pengibaran bendera Merah Putih, yang diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya, berjalan dengan lancar dan sukses, dengan bendera berkibar gagah di halaman Istana Negara, IKN.

Setelah upacara pengibaran bendera, komandan upacara melaporkan kepada inspektur upacara sebagai tanda berakhirnya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan. Acara dilanjutkan dengan penampilan sejumlah lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, serta tarian tradisional dari Kalimantan Timur yang memeriahkan suasana di halaman Istana Negara, IKN.

Pada perayaan upacara HUT RI Ke-79 kali ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang mengenang perjuangan para pahlawan, tetapi juga sebagai momen transisi menuju pemerintahan dan ibu kota baru, dalam perjalanan mencapai visi Indonesia Emas 2045.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan