2022 Tahun Kebangkitan Industri Pertunjukan Musik

0
53
(Dok: instagram.com/@infokonser)
Semen Instan Serbaguna

Jakarta – Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ahmad Mahendra mengatakan tahun 2022 menjadi kebangkitan industri pertunjukan musik di kota besar setelah dua tahun menahan diri.

Pertunjukan musik pun dihelat tiap minggunya karena mendapat respon baik dari masyarakat yang sudah haus hiburan. Mahendra berpendapat menjaga ketertarikan pencinta musik pada acara festival juga perlu untuk diperhatikan.

“Perlunya koordinasi yang baik antar penyelenggara pertunjukan musik, agar penjadwalan dan lineup musisi tidak bentrok atau terlalu berhimpitan,” ujar Mahendra pada Rabu (14/12)..

“Hal ini ditujukan untuk tidak membuat penonton menjadi jenuh dalam waktu singkat. Peran asosiasi penyelenggara menjadi sangat penting,” lanjutnya.

Top Mortar Semen Instan

Lebih lanjut Mahendra mengatakan, diperlukan etika kerja penyelenggaraan pertunjukan musik yang disepakati bersama oleh para promotor agar industri pertunjukan menjadi semakin sehat dan kolaboratif sehingga terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat penggemar musik.

Ramainya panggung hiburan diharapkan mendorong keragaman pertunjukan musik, dan bukan malah membuat konser menjadi seragam.

“Kita membutuhkan kurator-kurator pertunjukan musik yang profesional, yang bukan sekedar jualan konser musik, tetapi juga mengembangkan literasi dan apresiasi masyarakat terhadap keragaman musik di Indonesia,” kata Mahendra.

Selain itu, maraknya pertunjukan musik di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali diharapkan bisa menumbuhkan musisi baru beserta genrenya.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan regenerasi yang sehat dan memperkaya khazanah musik Indonesia di masa depan.

“Kegiatan-kegiatan pertunjukan musik ke depan harus didesain menjadi ruang yang aman dari pelecehan dan bullying, menjadi ruang bersama yang inklusif, membuka pelibatan dan layanan bagi kaum difabel dan anak-anak,” ujar Mahendra.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan