Top Mortar Gak Takut Hujan
Home News Bandara Juanda Siapkan 17 Parking Stand untuk KTT G20

Bandara Juanda Siapkan 17 Parking Stand untuk KTT G20

0
(Dok: Bandara Juanda)

Sidoarjo – Bandara Internasional Juanda Surabaya di Jawa Timur menyiapkan 17 parking stand untuk parkir pesawat kepresidenan guna menyambut pelaksanaan KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jafar, Selasa, mengatakan pihaknya juga melakukan penambahan jam operasional bandara menjadi 24 jam, serta dukungan teknis lainnya.

“Kami memberikan dukungan penuh demi kelancaran KTT G20 dengan memaksimalkan fasilitas dan SDM yang ada. Alokasi 9 parking stand kami siapkan untuk 3 pesawat berbadan lebar atau wide body dan 6 untuk pesawat berbadan sedang atau narrow body serta ditambah lagi dukungan dari Lanudal Juanda sebanyak 8 parking stand di apron militer,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada awal Agustus lalu Tim Kemenkomarves sebagai panitia KTT G20 telah melakukan survei ke Bandara Juanda untuk memastikan kesiapan Bandara Juanda dalam mendukung event KTT G20 di Bali. Survei meliputi ketersediaan parking stand, kondisi landasan pacu, personel pengamanan serta fasilitas Damkar (Airport Rescue and Fire Fighting).

Berdasarkan data alokasi Penempatan Pesawat Delegasi Kepala Negara yang dihimpun oleh Kementerian Luar Negeri per tanggal 4 November 2022, Bandar Udara Internasional Juanda akan menjadi salah satu bandara kelolaan PT Angkasa Pura I yang dialokasikan sebagai lokasi parkir pesawat delegasi peserta KTT G20.

Sisyani mengatakan, kedatangan pesawat delegasi akan dimulai pada14 November mendatang.

“Pesawat negara – negara peserta KTT G20 akan parkir di Bandar Udara Internasional Juanda, hingga saat ini kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait,” kata Sisyani.

Selain pengalokasian parking stand Sisyani menyampaikan kesiapan lain berupa personel dan fasilitas penunjang yang mencukupi dalam menjamin pelayanan dan keamanan ketika pesawat parkir dalam waktu yang cukup lama.

“Kami memiliki personel dan fasilitas Damkar dengan kategori delapan yang mampu melayani hingga kategori sembilan, serta memiliki 919 personil yang siaga, di antaranya sebanyak 767 personel internal dan 152 personel eksternal (Satgaspam Lanudal Juanda). Semua akan kami maksimalkan demi kelancaran pelaksanaan kegiatan KTT G20,” tambah Sisyani.

Exit mobile version