Jokowi Berikan Bonus kepada Atlet SEA Games Ke-31 Vietnam

(Dok: presidenti.go.id)

Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-31 Vietnam. Presiden Jokowi mengaku bangga atas raihan medali yang berhasil dibawa pulang oleh para atlet ke Tanah Air.

“Dari 499 atlet, 408 memperoleh medali. Artinya, 82 persen atlet yang kita kirimkan ini membawa medali pulang ke Tanah Air,” ujar Presiden di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin, 13 Juni 2022.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia. “Para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp130,5 miliar, kemudian untuk pelatih dan asisten pelatih Rp32 miliar, sebuah angka yang juga tidak sedikit,” tambahnya.

Adapun bonus dan apresiasi secara simbolis diberikan Presiden kepada para perwakilan atlet peraih medali dari 9 cabang olahraga yaitu:

Ihram, peraih medali emas tunggal cabang olahraga dayung mendapatkan apresiasi sebesar Rp500 juta;

Riau Ega, peraih medali emas ganda cabang olahraga panahan mendapatkan bonus sebesar Rp400 juta;

Derrick Michael Xzavierro, peraih medali emas beregu cabang olahraga bola basket mendapatkan bonus sebesar Rp350 juta;

Ceyco Georgia Zefanya, peraih medali perak tunggal cabang olahraga karate mendapatkan apresuasi sebesar Rp300 juta;

Susanto Megaranto, peraih medali perak ganda cabang olahraga catur mendapatkan bonus sebesar Rp240 juta;

Dhita Juliana, peraih medali perak beregu cabang olahraga voli pantai mendapatkan bonus sebesar Rp210 juta;

Azzahra Permatahani, peraih medali perunggu tunggal cabang olahraga renang mendapatkan bonus sebesar Rp150 juta;

Raudani Fitra, peraih medali perunggu ganda cabang olahraga kano mendapatkan bonus sebesar Rp120 juta; dan

Gian Kurnadi, peraih medali perunggu beregu cabang olahraga esport mendapatkan bonus sebesar Rp105 juta.

Atlet peraih medali pada ajang SEA Games 2021 Vietnam memberi kesan dan apresiasi usai mendapatkan bonus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka menyampaikan terima kasih kepada pemerintah.

Perwakilan atlet dari tim basket, Derrick Michael Xzavierro memyampaikan rasa bangganya setelah berjuang mendapatkan medali emas. Dia juga bangga bisa mengharumkan nama Indonesia di pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

“Perasaan pasti bangga terus senang lah satu tim, dari staf pasti senang kita bisa mendapatkan medali emas. Pastinya kita bangga bawa nama Indonesia terus. Perasaannya senang banget,” kata Derrick.

Atlet lainnya, Ceyco Georgia juga mengungkapkan hal yang sama. Atlet karate ini menyampaikan rasa terima kasih atas bonus yang diberikan.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebanyak-banyaknya untuk pemerintah, Pak Jokowi khususnya, sudah mengapresiasi atlet sebaik ini. Semoga event selanjutnya kita bisa memberikan yang terbaik, yang lebih maksimal yang kita bisa,” jelas Ceyco menambahkan.

Untuk diketahui, pada gelaran SEA Games ke-31 Vietnam, kontingen Indonesia berhasil meraih 69 medali emas, 91 medali perak, dan 81 medali perunggu. Dengan raihan tersebut kontingen Indonesia berada di peringkat ketiga perolehan medali, di bawah tuan rumah Vietnam di posisi pertama dan Thailand di posisi kedua.

Artikel SebelumnyaAirAsia Luncurkan Tiga Rute Domestik Terbaru
Artikel SelanjutnyaBPS Segera Lakukan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan