Innovation Room, Ruang bagi Milennial untuk Berkreasi Persembahan Kemenaker

0
984
Pojok Bisnis

Berempat.com – Beberapa waktu lalu Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah memperkenalkan salah satu terobosan terbarunya, yakni Innovation Room. Dan kemarin, Kamis (28/6) Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri telah meresmikan peluncuran ruang yang terletak di Lantai M, Gedung Parkir Kementerian Ketenagakerjaan tersebut.

Innovation Room sendiri merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh Kemnaker sebagai bentuk kepedulian terhadap generasi muda yang kreatif dan inovatif. Berbagai fasilitas dan program yang dirancang oleh Tim Innovation Room Kemnaker diklaim akan membantu anak muda, utamanya Generasi Milenial yang ingin berkreasi, baik di bidang bisnis rintisan (startup) maupun di industri kreatif lainnya.

Hanif menegaskan, penguasaan teknologi yang didominasi oleh anak muda mendorong Kemnaker untuk memfasilitasi dalam berkreasi. Sehingga hal tersebut diharapkan dapat menurunkan jumlah penganggur muda dan menciptakan lapangan kerja baru bagi generasi milennial.

“Saya mengundang para anak muda kreatif dan generasi milennials yang punya mimpi besar untuk datang berbondong-bondong memanfaatkan fasilitas ini,” ujar Hanif.

Top Mortar gak takut hujan reels

Hanif pun menyatakan, fasilitas Innovation Room ini akan menjadi wadah luar biasa bagi anak muda masa kini yang fleksibel, cepat, dan dinamis untuk bertransformasi menjadi backbone industri kreatif di Indonesia.

“Inovation Room ini juga wujud komitmen Kemnaker dalam peningkatan kualitas dan kapasitas angkatan kerja muda dalam menyambut industri baru dan bersaing secara global,“ imbuhnya.

Nantinya, kata Hanif, keberadaan Innovation Room diharapkan dapat menghasilkan pekerja digital dengan profesi-profesi baru yang selama ini belum terwadahi di dunia pendidikan, seperti jabatan UI/UX Designer, sosial media marketing, digital marketing, data scientist, dan lain-lain.

Di samping itu, Hanif pun meminta agar program Innovation Room bisa memberikan pembaruan mengenai penguasaan teknologi dan wawasan di dunia industri kepada para anak muda. Tujuannya agar mereka mengerti ‘know-how’ dan ‘know-why’ terkait teknologi produksi dan proses hingga mampu membuat prototype, melakukan pengujian dan demonstrasi, menduplikasi, dan mengadaptasi teknologi yang dibutuhkan.

“Saya berharap konsep Innovation Room Kemnaker ini dapat dikloning oleh Co-Working Space lainnya yang telah banyak diinisiasi oleh industri. Sehingga pada akhirnya mampu melaksanakan perubahan secara mandiri dalam produk digital,” harap Hanif.

Dalam sambutannya, Hanif juga mengajak seluruh mitra perbankan dan modal ventura untuk tidak ragu berkolaborasi dengan pelaku usaha yang tergabung dalam Innovation Room Kemnaker ini.

“Kita berharap melalui kolaborasi ini akan lahir banyak Creativepreneur baru. Sekaligus hal ini akan menjadi model penciptaan lapangan kerja baru yang akan sangat indah sekali jika dimulai dari Kementerian Ketenagakerjaan sendiri,” pungkasnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.