Transformasi Bank Mandiri dan Kolaborasi BUMN Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

0
413
Transformasi Bank Mandiri
Transformasi Bank Mandiri dan Kolaborasi BUMN Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional
Pojok Bisnis

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) telah melaksanakan transformasi dan kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Data terbaru menunjukkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai level 5,31%, mencatat angka tertinggi dalam 10 tahun terakhir, dan berhasil mengungguli negara-negara berkembang lainnya, terutama selama dan pasca pandemi Covid-19.

Dalam sebuah wawancara khusus bersama MNC Media pada tanggal Rabu (24/5/2023), Darmawan Junaidi, selaku Direktur Utama Bank Mandiri, menyampaikan rasa syukurnya akan pertumbuhan PDB Indonesia yang sangat positif. Ia mengakui bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari berbagai kebijakan pemerintah yang mendukung dan mendorong pemulihan ekonomi nasional, terutama dalam menghadapi pandemi. Menurut Darmawan, dampak pandemi Covid-19 yang mulai mereda juga berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi.

Upaya Transformasi

Melalui upaya transformasi BUMN, Bank Mandiri beserta aset-aset BUMN lainnya telah berhasil menyumbangkan sekitar 53% dari total PDB Indonesia pada tahun 2021, dan angka tersebut terus mengalami peningkatan. Darmawan menegaskan bahwa kolaborasi yang erat antara pemerintah dan sektor usaha turut memberikan dampak positif bagi Bank Mandiri. Ia mengungkapkan, “Melalui kolaborasi ini, kami dapat melihat potensi-potensi pasar yang dapat digarap, dan kami juga melihat bahwa Bank Mandiri berhasil mencatat kinerja yang sangat baik pada tahun 2022 ini.”

Sebagai salah satu elemen utama dalam roda ekonomi nasional, BUMN dapat dikatakan sebagai pilar penting yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Darmawan menekankan bahwa Bank Mandiri secara khusus melihat bahwa upaya transformasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN semakin meningkatkan kontribusi BUMN secara keseluruhan dengan dampak yang sangat positif.

PT Mitra Mortar indonesia

Darmawan menjelaskan, “Jika kita melihat kontribusi BUMN dari tahun 2020 hingga 2022, terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Dalam hal setoran kepada negara, jumlahnya mencapai Rp1.198 triliun, naik sebesar Rp68 triliun dibandingkan periode 2017-2019 yang berjumlah Rp1.130 triliun. Semua ini merupakan bentuk dividen, pajak, dan penerimaan negara.”

Salah satu bentuk dukungan BUMN dalam pembangunan Indonesia, khususnya dalam hal pembiayaan, adalah melalui Bank Mandiri. Bank ini telah menyalurkan kredit sebesar Rp339,44 triliun per Maret 2023 untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur. Sebagai contoh, kolaborasi antar BUMN, terutama Himbara, telah mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja melalui pembiayaan yang diberikan kepada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Misalnya, proyek Jalur Trans Jawa telah berhasil memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dari 15 jam menjadi hanya 9 jam.

Dengan adanya upaya transformasi dan kolaborasi antar BUMN, Bank Mandiri berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, baik melalui kontribusi langsung terhadap PDB maupun melalui dukungan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur dan sektor UMKM.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan