Top Mortar Gak Takut Hujan
Home Ekonomi OJK Tinjau Produk Saving Plan Perusahaan Asuransi

OJK Tinjau Produk Saving Plan Perusahaan Asuransi

0
(Dok: OJK)

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal meninjau produk saving plan di perusahaan asuransi. Hal ini buntut dari dihentikannya pemasaran produk sejenis di PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (Wanaartha Life/PT WAL) yang saat ini telah resmi dicabut izin usahanya.

“Peninjauan dilakukan untuk memastikan bahwa izin yang diberikan kepada produk tersebut dilaksanakan dengan baik dan dibukukan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di perusahaan asuransi lainnya,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin (5/12).

Ia menjelaskan pelaksanaan pemasaran produk sejenis saving plan oleh Wanaartha Life tidak sesuai dengan izin yang diberikan OJK, salah satunya terkait imbal hasil yang dijanjikan.

Adapun PT WAL menjanjikan jaminan imbal hasil yang sangat tinggi dalam produk sejenis saving plan. Selain itu, beberapa polis yang dikeluarkan dalam produk tersebut tidak tercatat dalam pembukuan perusahaan.

Saat hal itu diketahui oleh pengawas dan dimasukkan ke dalam pembukuan perusahaan, kewajiban aktuaria Wanaartha Life pun melonjak sangat tajam.

Akibatnya, sambung Ogi, aset PT WAL tidak mampu memenuhi kewajiban yang ada sehingga terjadi celah atau gap yang sangat besar dan pemegang saham tidak mampu untuk menambah modal atau mencari investor baru.

Di sisi lain, OJK turut memberikan catatan kepada perusahaan profesi penunjang seperti Kantor Akuntan Publik (KAP), hingga perusahaan aktuaria agar wajib melaksanakan tugasnya sesuai dengan profesi masing-masing.

“Hal ini karena apa yang disampaikan oleh lembaga penunjang menjadi dasar daripada aktivitas yang dilakukan perusahaan asuransi dan ini dilaporkan ke pengawas di OJK,” tegasnya.

Exit mobile version