Dukung Ekonomi Lokal, Pertamina Bawa 60 UMKM ke Grand Prix Mandalika 2024

0
49
Dukung Ekonomi Lokal, Pertamina Bawa 60 UMKM ke Grand Prix Mandalika 2024
Dukung Ekonomi Lokal, Pertamina Bawa 60 UMKM ke Grand Prix Mandalika 2024 (Dok Foto Pertamina)
Pojok Bisnis

PT Pertamina (Persero) menunjukkan komitmen penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, termasuk dengan melibatkan produk-produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal yang dibina oleh Pertamina. Produk-produk ini dipamerkan di area Pertamina Energizing You Festival yang menjadi bagian dari acara balap motor bergengsi tersebut.

Pada hari Sabtu (28/9), di tengah teriknya cuaca di Mandalika, Lombok, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, meluangkan waktu untuk mengunjungi berbagai booth UMKM binaan Pertamina. Selain itu, ia juga berkunjung ke booth Pertamina Patra Niaga dan Perusahaan Gas Negara yang menyediakan informasi produk dan layanan kepada para pengunjung.

Keterlibatan Pertamina dalam Mendukung UMKM

Fadjar Djoko Santoso, Vice President Corporate Communication Pertamina, yang turut mendampingi Nicke dalam kunjungan tersebut, menyampaikan bahwa kehadiran Direktur Utama Pertamina di Pertamina Energizing You Festival merupakan bentuk kebanggaan. “Bu Nicke sangat senang melihat booth-booth UMKM mitra binaan Pertamina, serta booth-booth Pertamina, termasuk di antaranya booth Official Merchandise,” ujarnya.

Fadjar menjelaskan, pada tahun 2024 ini, Pertamina melibatkan sebanyak 60 UMKM dalam acara tersebut. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2023, sekitar 50 UMKM terlibat dan mampu meraih omzet mencapai Rp 700 miliar hanya dalam waktu tiga hari penyelenggaraan.

PT Mitra Mortar indonesia

“Dengan jumlah UMKM yang lebih banyak, kami berharap penjualan produk lokal dapat meningkat, bahkan lebih banyak dikenal oleh para turis internasional yang hadir. Beberapa mitra binaan kami juga sudah mendapatkan pesanan dari luar negeri, sehingga kami optimis bahwa Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 akan mendukung pertumbuhan UMKM,” tambah Fadjar.

Mendorong Perekonomian Lokal Melalui UMKM

Fadjar juga menegaskan bahwa dukungan Pertamina dalam ajang ini sejalan dengan peran perusahaan sebagai BUMN energi yang berkomitmen untuk mendorong perekonomian masyarakat. Salah satu fokusnya adalah sektor pariwisata dan perdagangan yang berpotensi besar memicu pertumbuhan ekonomi lokal. Pertamina berharap keterlibatannya, terutama dalam pemberdayaan masyarakat Lombok melalui UMKM, dapat menciptakan multiplier effect yang positif, bahkan lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dengan adanya keterlibatan UMKM di ajang internasional ini, Pertamina tidak hanya berperan sebagai penyokong utama di sektor energi, namun juga turut andil dalam menggerakkan roda ekonomi daerah, terutama melalui pemberdayaan pelaku usaha lokal. Ini merupakan langkah nyata Pertamina dalam berkontribusi pada perekonomian nasional dan mendorong produk-produk lokal untuk bisa bersaing di pasar global.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan