Kolaborasi KAI Services dan BNI, UMKM Lokal Kini Hadir di Atas Kereta Api

0
220
Kolaborasi KAI Services dan BNI, UMKM Lokal Kini Hadir di Atas Kereta Api
Kolaborasi KAI Services dan BNI, UMKM Lokal Kini Hadir di Atas Kereta Api (Dok Foto: KAI Services)
Pojok Bisnis

Dalam upaya mendorong kemajuan dan memberikan manfaat ekonomi kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), KAI Services dan BNI berkolaborasi untuk memberdayakan UMKM penyedia makanan ringan atau snack lokal di atas kereta. Langkah ini bertujuan agar produk-produk UMKM dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Menurut Lies Permana Lestari, Direktur Bisnis Konsumen KAI Services, pihaknya melakukan inovasi dan kerjasama dengan UMKM mitra binaan BNI yang berorientasi ekspor. Kolaborasi ini meliputi wilayah pulau Jawa, dari Jakarta hingga Banyuwangi, serta pulau Sumatra, mencakup Tanjung Karang, Medan, Palembang, dan Padang.

“Kami melakukan kurasi berdasarkan kualitas rasa dan kemasan yang menarik. Saat ini, produk UMKM sudah sangat baik, dengan variasi rasa yang beragam dan kemasan yang menarik. Ini memberikan keunikan bagi produk yang dijual di kereta,” kata Lies seperti dikutip dari InfoPublik pada Rabu (17/7/2024).

Peningkatan Potensi UMKM dengan BNI Xpora

KAI Services, yang selama ini berkomitmen dalam pemberdayaan UMKM, bekerjasama dengan UMKM binaan BNI melalui program BNI Xpora. UMKM yang terlibat adalah mereka yang telah menembus pasar ekspor seperti Jepang, Korea, Eropa, hingga Amerika.

PT Mitra Mortar indonesia

BNI Xpora adalah ekosistem UMKM berorientasi ekspor yang mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia agar bisa berkembang menjadi UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global. Ini juga menjadi layanan bagi diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri.

M. Safri Hidayat, Kepala Divisi Retail Productive Banking BNI, menambahkan bahwa BNI Xpora terus berupaya membuka akses pasar bagi UMKM binaannya, baik domestik maupun internasional. Kerjasama dengan KAI Services diharapkan dapat memperluas varian produk UMKM BNI Xpora yang dijual di atas kereta api.

Safri berharap kolaborasi ini berkelanjutan dan semakin banyak produk UMKM Binaan BNI Xpora yang tersedia di kereta api.

Produk Lokal di Atas Kereta Api

Kolaborasi antara KAI Services dan BNI ini mencakup penyediaan snack lokal khas Indonesia dari beberapa UMKM daerah pilihan, memberikan kesempatan yang sama bagi UMKM untuk menjual produknya di kereta yang sebelumnya belum pernah terjadi.

Kerjasama ini juga menyediakan produk makanan ringan UMKM binaan BNI pada layanan On Board Service kereta api yang dijalankan oleh KAI Services.

“Nantinya, penumpang kereta api bisa membeli produk makanan ringan dari UMKM binaan BNI yang berkualitas ekspor di kereta. Ini akan memberikan manfaat ekonomi bagi para pelaku UMKM dan mendukung produk lokal unggulan,” tambah Lies.

Program kolaborasi KAI Services dan BNI dalam memberdayakan UMKM ini akan dimulai pada 5 Agustus 2024, dan makanan ringan dari UMKM binaan BNI akan tersedia di semua kelas kereta, baik ekonomi maupun eksekutif.

“Tahun ini menjadi momentum bagi KAI Services untuk menggandeng dan memberdayakan UMKM dalam bersinergi dengan Kuliner Kereta,” tutup Lies.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan