Pemkot Surabaya Berikan Solusi untuk UMKM yang Dilarang Jual Merchandise di Area Stadion GBT

0
363
UMKM GBT
Pemkot Surabaya Berikan Solusi untuk UMKM yang Dilarang Jual Merchandise di Area Stadion GBT
Pojok Bisnis

UMKM Surabaya segera memulai produksi merchandise Piala Dunia U-17. Namun, UMKM tidak diizinkan menjual produk mereka di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara.

Hal ini disebabkan oleh keharusan menjaga sterilisasi area stadion, yang menjadi markas Timnas Indonesia, yang harus ditangani langsung oleh FIFA. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, telah mengonfirmasi hal ini. Oleh karena itu, upaya sedang dilakukan untuk memungkinkan UMKM berjualan di area luar Stadion GBT.

Jika upaya ini tidak membuahkan hasil, Pemkot Surabaya telah menyiapkan alternatif lokasi untuk memasarkan produk-produk UMKM. Eri Cahyadi mengatakan, “Kami akan mengajukan ke FIFA terlebih dahulu. Jika tidak diperbolehkan, barang-barang tersebut dapat dijual di mal.”

Dewi Soeriyawati, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kota Surabaya, menambahkan bahwa UMKM dapat menitipkan produk mereka di berbagai outlet, termasuk di sepanjang jalan menuju Stadion GBT.

PT Mitra Mortar indonesia

Solusi Untuk UMKM di GBT

Pelaku UMKM akan menjual produk mereka di lokasi lain selain Stadion GBT. Hal ini akan memudahkan penonton, wisatawan, atau masyarakat umum untuk mendapatkan produk-produk tersebut sebagai oleh-oleh.

“Kami akan menyediakan produk ini di luar stadion, sehingga pengunjung dari luar Surabaya juga dapat dengan mudah membelinya sebagai kenang-kenangan,” tambahnya.

Beberapa produk yang akan diproduksi sebagai oleh-oleh Piala Dunia U-17 mencakup boneka, gantungan kulkas, gantungan kunci, kaos, topi, dan sejenisnya. Contoh-contoh produk ini akan ditunjukkan oleh pelaku UMKM, yang kemudian akan mendapatkan panduan lebih lanjut. UMKM memiliki banyak kreativitas dalam menciptakan produk-produk berkualitas.

Sebanyak 30 UMKM terlibat dalam produksi merchandise Piala Dunia U-17. Mereka umumnya adalah pelaku usaha yang berpengalaman dalam memproduksi suvenir. Oleh karena itu, kualitas produk yang dihasilkan tidak diragukan lagi.

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Piala Dunia U-17 2023 akan menjadi edisi ke-19 turnamen ini. Acara ini akan berlangsung dari 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023, dengan Indonesia sebagai tuan rumah. Ini merupakan kesempatan pertama bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen FIFA, dan juga kali pertama Piala Dunia U-17 diselenggarakan di Asia Tenggara.

Edisi sebelumnya, Piala Dunia U-17, diselenggarakan di Brasil pada tahun 2019, dengan Brasil keluar sebagai juara untuk keempat kalinya. Setelahnya, turnamen ini harus mengalami jeda selama pandemi COVID-19. FIFA terpaksa membatalkan penyelenggaraan edisi 2021, dan akhirnya berhasil melanjutkannya di tahun 2023, dengan Indonesia sebagai tuan rumah yang beruntung.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan