East Java Moslem Fashion Festival 2022, Dorong Kebangkitan UMKM dan Ekonomi Syariah

Berempat.com– Surabaya – Banyak hal dilakukan untuk membangkitkan geliat UMKM. Salah satunya pagelaran busana yang diinisiasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jawa Timur. Even bertajuk East Java Moslem Fashion Festival 2022 itu, diselenggarakan mulai 10–24 April 2022.

Bukan hanya ingin membangkitkan geliat ekonomi di Jawa Timur melalui UMKM, kegiatan ini upaya mendukung Jatim sebagai wilayah ekonomi syariah terbesar di Indonesia. Hal itu diharapkan bisa mendorong Indonesia menjadi produsen produk halal, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan Jawa Timur.

Pengarah TPAKD Jawa Timur, Bambang Mukti Riyadi,  mengatakan, untuk mengembangkan UMKM diperlukan dukungan Lembaga Jasa Keuangan dalam pembiayaan usaha. ” Hendaknya ada pendampingan UMKM dari mitra strategis. Seperti Gojek dan Tokopedia” Ujarnya. Lembaga pengelola transportasi dan market place diharapkan bisa melakukan pendampingan on boarding sehingga dapat memperluas akses pasar UMKM.

Terdapat beberapa kegiatan dalam East Java Moslem Fashion Festival tahun 2022, antara lain pojok keuangan yang menyediakan layanan SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan, konsultasi produk dan jasa keuangan, serta akses pembiayaan bagi UMKM.

Dalam even ini juga diserahkan secara simbolis pencairan kredit dari LJK kepada 9 UMKM, penyerahan sertifikasi halal kepada 10 UMKM, dari 110 UMKM yang dibantu Lembaga Jasa Keuangan dan OJK. Hingga workshop digital marketing untuk peningkatan daya saing UMKM, gelar produk UMKM dan fashion show.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin mengungkapkan, seiring turunnya level PPKM di Jawa Timur, perlu banyak upaya mendorong kebangkitan ekonomi melalui belanja produk-produk UMKM. (Noe)

Artikel SebelumnyaSaham Emiten Sawit Anjlok Pasca Jokowi Larang Ekspor CPO
Artikel SelanjutnyaMeninjau Ulang Tata Niaga Minyak goreng