Gim Indonesia Makin Diperhitungkan, Raih USD 121,2 Juta di Gamescom Eropa

0
219
Gim Indonesia Makin Diperhitungkan, Raih USD 121,2 Juta di Gamescom Eropa
Gim Indonesia Makin Diperhitungkan, Raih USD 121,2 Juta di Gamescom Eropa (Ilustrasi Foto)
Pojok Bisnis

Industri gim Indonesia kini semakin diperhitungkan di kancah global, terbukti dengan keberhasilan mereka dalam pameran Gamescom 2024 yang berlangsung di Cologne, Jerman pada 21-25 Agustus 2024.

Dalam pameran gim terbesar di Eropa tersebut, industri gim Indonesia mencatatkan potensi transaksi yang mengesankan sebesar USD 121,2 juta atau sekitar Rp1,8 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai USD 115,7 juta atau sekitar Rp1,7 triliun.

“Pencapaian transaksi ini menunjukkan bahwa Indonesia siap bersaing di industri gim global. Selain itu, peningkatan potensi transaksi menjadi bukti bahwa produk dan talenta Indonesia semakin diminati di pasar internasional,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati.

Paviliun Indonesia Tampilkan Talenta Terbaik

Dalam Gamescom 2024, Paviliun Indonesia dengan slogan “Games from Indonesia” memfasilitasi 10 delegasi dari industri gim Tanah Air. Delegasi tersebut meliputi Gambir Studio, Glory Jam, Agate, PT Klapanom Bangkit Berkarya, Fat Racoon Games, Plexus Studio & Oray Studios, Gingersun Games, Niji Games, Frame Rats Digital, dan Berangin Creative.

PT Mitra Mortar indonesia

Selain mempromosikan produk, para peserta juga melakukan penjajakan bisnis melalui platform Meet To Match-Platform Business Meeting & Matching (Gamescom.biz), jaringan personal, serta pertemuan bisnis tanpa reservasi (walk-in meeting).

Keberhasilan Indonesia dalam acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, Perwakilan Perdagangan Indonesia di Jerman, serta Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Mardyana juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung partisipasi Indonesia di Gamescom 2024.

“Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam keberhasilan ini, serta antusiasme sektor gim nasional dalam memamerkan kualitas gim Indonesia kepada masyarakat Eropa,” ujarnya.

Indonesia Siap untuk Gamescom 2025

Sementara itu, Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kemendag, Merry Maryati, menyampaikan bahwa partisipasi Indonesia di Gamescom 2024 berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Selain potensi transaksi yang signifikan, minat pengunjung terhadap gim Indonesia juga sangat tinggi.

“Indonesia siap untuk kembali berpartisipasi dalam Gamescom pada Agustus 2025 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran gim internasional lainnya yang bisa menjadi acuan adalah Gamescom Asia di Singapura, Games Connection America, Busan Indie Connect, Paris Games Week, dan Tokyo Games Show,” jelas Merry.

Gamescom merupakan pameran dagang dan gim terbesar di Eropa yang diadakan setiap tahun sejak 2009. Acara ini juga menampilkan turnamen e-sport, pertunjukan musik, presentasi produk, dan penjualan, serta menjadi platform untuk merekrut talenta berbakat di industri gim.

Pada tahun ini, Gamescom 2024 dihadiri oleh lebih dari 335.000 pengunjung dari 120 negara, dengan area bisnis-to-business diikuti oleh 1.462 peserta pameran dari 64 negara dan dikunjungi oleh lebih dari 32.000 orang.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan