GrabFood Sambut Lebih Dari 5.000 UMKM​, Tegaskan Komitmen Dukungan terhadap UMKM Kuliner

0
11

Sebagai bagian dari perwujudan misi GrabForGood, Grab terus berinovasi dan berinvestasi untuk mendorong pertumbuhan mitra merchant melalui Konferensi Nasional Mitra Merchant perdana bertajuk “Buka Potensi Bersama Grab”. Konferensi ini mencakup edukasi sejumlah fitur dan produk terbaru pada aplikasi GrabMerchant, pertukaran pengetahuan dari para mitra ​merchant yang telah mencetak sukses, serta apresiasi atas kinerja mitra ​merchant pada tahun yang penuh tantangan ini. Selain itu, Grab juga membagikan kredit iklan gratis untuk para mitra ​merchant untuk mendukung pertumbuhan UMKM di platform Grab.

“Kami berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala, bahkan yang terkecil sekalipun untuk bertransformasi dan berkembang secara online, dengan menyediakan mereka sejumlah solusi teknologi inovatif yang mudah digunakan dan dapat diandalkan, dukungan yang terbaik di kelasnya, serta program edukasi guna mengoptimalkan bisnis mereka. Konferensi mitra merchant kami yang pertama kali dijalankan ini menggarisbawahi semangat #TerusUsaha dalam mendukung digitalisasi UMKM Indonesia. Kami sangat senang melihat respon yang sangat baik dari para mitra ​merchant di acara ‘Buka Potensi Bersama Grab’ yang juga dihadiri oleh sejumlah Menteri dan ahli industri, ” kata

Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia.

Teten Masduki, Menteri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia ​yang hadir dalam konferensi ini untuk memberikan kata sambutan, mengungkapkan apresiasinya terhadap Grab, “Grab telah menjadi rekan strategis pemerintah Indonesia yang konsisten mendorong transformasi digital para pelaku UMKM selama pandemi COVID-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi negeri. Inisiatif Grab yang dijalankan hari ini melalui konferensi ‘Buka Potensi Bersama Grab’ untuk para mitra merchant GrabFood terutama kalangan UMKM merupakan sarana pengembangan yang dibutuhkan agar mereka dapat lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital.”

Grab juga mendukung gerakan #BeliKreatifLokal, sebuah program pilot dari inisiatif #BanggaBuatanIndonesia yang digagas oleh Pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan ekonomi kreatif di tengah pandemi. “Saya meyakini bahwa kita perlu berkolaborasi, bersinergi, dan bergerak bersama untuk bangkit di tengah pandemi dengan cara menyesuaikan diri pada era digital. Mari kita #TerusUsaha dan memanfaatkan potensi yang ada untuk berkontribusi menjadi pejuang negeri dengan membantu mengerakkan dan memulihkan perekonomian nasional,” kata ​Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia​, yang juga hadir dalam konferensi hari ini.

Teknologi memungkinkan jutaan bisnis kecil bertransformasi menjadi UMKM di Indonesia. Aussie Andry, pemilik Nasi Kulit Gokskin​,mengakui manfaat digitalisasi bisnis. Aussie yang telah bergabung dengan GrabFood sejak Oktober 2019 mengungkapkan, “Awalnya, saya memulai bisnis hanya dengan satu toko untuk melihat respon pasar. Bergabung dengan GrabFood telah membantu ekspansi bisnis saya hingga 24 cabang dalam satu tahun. Bagi saya, GrabFood telah membantu saya menawarkan produk ke audiens yang tepat. Saya yakin Grab akan terus mendukung kami, para mitra ​merchant, dengan berbagai inovasi dan layanan yang akan semakin memudahkan kami dalam mengembangkan bisnis kami..”

Seiring bertambahnya jumlah bisnis kuliner yang bergabung di platform Grab, Grab terus berinovasi dalam menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan yang dihadapi para mitra merchant. Pada konferensi mitra ​merchant pertama ini, Grab mengumumkan sejumlah fitur dan inisiatif terbaru, termasuk:

  • Portal untuk mitra merchant: ​Portal terbaru GrabMerchant dirancang untuk melengkapi fungsi aplikasi GrabMerchant. Portal ini dapat digunakan para pemilik bisnis yang tidak selalu berada di lokasi toko untuk mendapatkan akses penuh atas data performa bisnis mereka. Portal GrabMerchant akan diluncurkan secara bertahap mulai Desember mendatang.
  • Layanan pesan instan yang semakin canggih: ​Grab akan memperkenalkan layanan pesan instan yang diperbarui dalam aplikasi GrabMerchant pada kuartal pertama 2020. Fitur ini mempermudah para mitra merchant untuk melaporkan gangguan ke tim bantuan Grab sembari tetap menjalankan bisnis. Dengan bantuan fitur ini, mitra merchantmemiliki lebih banyak cara untuk menghubungi Grab ketika dibutuhkan.
  • Akademi online untuk meningkatkan kapabilitas para mitra merchant: GrabAcademy adalah portal satu pintu yang memberikan informasi mengenai fitur dan produk Grab yang dapat mereka manfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis mereka, serta berpartisipasi dalam berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital dan kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis online mereka. Fitur ini juga membantu peningkatan keterampilan dan membantu staf restoran baru untuk membiasakan diri dalam menggunakan aplikasi GrabMerchant.
  • Kredit iklan gratis untuk para peserta konferensi: Grab memberikan seluruh peserta Konferensi Nasional Mitra Merchant kredit iklansenilai Rp 150.000,- untuk digunakan di Pengaturan Iklan GrabMerchant. Para mitra ​merchant dapat menggunakan fitur Pengaturan Iklan untuk mengiklankan toko mereka dengan membeli sejumlah kata kunci pencarian yang dapat menambah visibilitas bisnis mereka. Dengan bantuan ini, Grab berharap para mitra ​merchant dapat bereksperimen dan memperoleh pengetahuan mengenai dari iklan ​online tanpa harus mengeluarkan anggaran.

“Grab sangat bangga akan jaringan mitra ​merchant kami yang kuat dan tangguh Konferensi nasional ini mencerminkan kemitraan yang solid antara Grab dan para mitra ​merchant kami,” tutup ​Neneng.